Sukses

Apple Makin Tertarik Membangun Kendaraan Nirsopir

Liputan6.com, Jakarta -

CEO Apple Inc. Tim Cook mengemukakan pendapatnya soal kendaraan otonom di acara podcast ‘Sway’. Apple sendiri dikabarkan memiliki rencana untuk membuat mobil listriknya sendiri.

Berbagai pabrikan seperti Hyundai dan Kia diisukan akan menjadi partnernya dalam pengembangan kendaraan berbasis software Apple. 

Pada wawancara tersebut Tim Cook juga menjelaskan secara luas tentang kendaraan otonom dan tekonologi di dalamnya. Ia menyebut bahwa mobil otonom sendiri merupakan robot dan sebuah teknologi inti. 

“Mobil otonom adalah robot. Jadi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan otonomi. Dan kita akan melihat apa yang dilakukan Apple. Kami menyelidiki banyak hal secara internal,” kata Tim Cook, CEO Apple Inc.

Namun ketika ditanyakan sejauh mana pengembangan mobil otonom yang diinginkan oleh Apple, Tim Cook tidak menjawabnya secara gamblang. Ia malah menjelaskan apa yang menjadi poin menarik dari sebuah mobil otonom dan yang bisa dilakukan oleh perusahaannya dalam pengembangannya.

Tim menjelaskan bahwa Apple sangat tertarik dalam mengintegrasikan antara hardware dan software untuk menjadi sebuah layanan. “Kami menemukan titik di antara integrasi hardware, software dan service, ada keajaiban yang terjadi di antara persimpangan itu. Kami senang melakukannya,” ujar Tim.

 
2 dari 4 halaman

Elon Musk

Pada kesempatan tersebut Tim Cook juga menjawab pertanyaan mengenai kerja samanya dengan Elon Musk yang dikabarkan pernah menjual Tesla ke Apple. Dengan lugas Tim menjawab bahwa belum pernah bertemu dengan Elon apalagi membahas tentang masalah mobil otonom atau kerja sama bersama. 

Meski demikian bos Apple tersebut sempat berucap bahwa ia mengagumi sosok Elon Musk sebagai seorang pengusaha muda. Tim menilai bahwa Elon memiliki langkah besar dalam mengembangkan sebuah kendaraan listrik dengan teknologi di dalamnya.

Hingga saat ini Apple masih belum mengumumkan kendaraan seperti apa yang akan diproduksi sebagai mobil otonomnya. Tetapi yang pasti perusahaan seperti Kia dan Hyundai beberapa kali mengkonfirmasi tengah melakukan pengembangan dan riset bersama untuk sebuah kendaraan baru. 

Langkah besar Apple ini juga tak jarang mendapat perhatian dari berbagai kalangan industri otomotif salah satunya bos Toyota Motors Company, Akio Toyoda. Dalam sebuah acara international Toyoda pernah menyampaikan pada perusahaan-perusahaan baru yang ingin memulai bisnis otomotif untuk selalu berhati-hati. Setelah memproduksi kendaraan produsen juga harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan kurang lebih 40 tahun ke depan pada konsumen.

Sumber: Carvaganza.com

3 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: