Sukses

Ladies, Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Bawa Motor

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, wanita mengendarai motor untuk menunjang aktivitasnya harian bukan lah hal yang aneh. Namun yang terjadi di lapangan, banyak yang meragukan kemampuan kaum hawa dalam mengendarai motor.

Terlebih lagi, stigma yang melekat pada pengendara motor wanita kurang baik. Bahkan sampai ada istilah 'power of emak-emak'. 

Nah, bagi para pengendara motor wanita, terlebih bagi yang baru mau ataupun sedang belajar, ada baiknya memperhatikan tips berkendara yang dipaparkan Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

1. Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan berkendara motor yang wajib digunakan meliputi dari helm, jaket, dan sarung tangan.

“Jangan sampai mengabaikan perlengkapan berkendara tersebut karena dapat melindungi pengendara,” papar Ludhy dalam keterangan resminya, Senin (18/1/2021).

Seperti diketahui, helm yang berfungsi untuk melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala.

Sementara jaket yang berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan membantu mengurangi bila terjadi gesekan pada kulit saat terjatuh.

Sedangkan sarung tangan untuk membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip atau stang kemudi motor.

 

2 dari 5 halaman

2. Kelengkapan Surat Berkendara

Persiapan berkendara lainnya adalah memastikan surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya.

“Hal ini sangat penting apabila saat diperjalanan ada pemeriksaan dari pihak kepolisian atau terjadi sesuatu di jalan raya,” kata Ludhy.

3. Tidak Menggunakan Sepatu Hak tinggi

Jika ingin nyaman saat berkendara dan menyebabkan bahaya pada diri sendiri, pilihlah alas kaki senyaman mungkin bisa menggunakan flat shoes atau sneakers.

Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya.

 

3 dari 5 halaman

4. Hindari Memakai Rok

Ludhy menganjurkan agar pengendara motor wanita tidak mengenakan rok saat berkendara. Pasalnya pakaian ini berpotensi merepotkan.

"Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak,”

Pengendara juga tentu harus menghindari rok tersingkap ketika di tempat umum karena angin akan terasa lebih kencang pada saat naik sepeda motor.

“Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana panjang yang nyaman dipakai dan dapat menggantinya di toilet terdekat,” tutup Ludhy.

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: