Sukses

2 Fitur Keren Honda CBR150R Anyar Bisa Dipasang ke Model Lawas?

Liputan6.com, Jakarta - Honda CBR150R terbaru mendapatkan penyegaran dari segi tampilan eksterior. Kini wujudnya terlihat seperti Honda CBR250RR.

Selain itu, motor sport 150 cc ini juga disemati dua komponen baru, yaitu suspensi depan teleskopik menjadi upside-down dan mesin Honda CBR150R sekarang dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch (ASC).

Fungsi Assist & Slipper Clutch (ASC) untuk memperhalus perlambatan ketika engine brake secara tiba-tiba dan membuat tarikan kopling menjadi lebih ringan.

Bagi pemilik Honda CBR150R lama, pasti terpikirkan apakah bisa mengadopsi dua komponen baru ini? Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan kedua komponen ini tak bisa dipasang di CBR150R lawas.

"Jelas tidak bisa. Diameter suspensi depan Honda CBR150R lebih besar dari yang lama. Selain itu, harus ada perubahan lain, salah satunya penggantian segitiga atas dan bawah," terang Endro usai sesi media test-ride Honda CBR150R (14/1).

"Begitu juga dengan fitur ASC. Karena bagian dalam mesin itu agak berbeda, jadi sama sekali tidak bisa dipakai di Honda CBR150R lama. Tapi, keduanya kami jual terpisah sebagai suku cadang Honda CBR150R yang baru," pungkasnya.

Sumber: Otosia.com

2 dari 5 halaman

Komparasi All New Honda CBR150R Vs All New Yamaha R15, Siapa Unggul?

Membuka 2021, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan all new Honda CBR150R. Model anyar ini, mendapatkan penyegaran baik dari segi desain dan peningkatan fitur.

Kedatangan motor terbaru dari pabrikan sayap mengepak ini, seperti memberi tanda jika persaingan di pasar motor sport full fairing 150cc Tanah Air akan kembali memanas, terutama dengan all new Yamaha R15.

Berbicara spesifikasi, baik dari segi eksterior, fitur, dan performa, kedua model dari Honda ataupun Yamaha ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, kehadiran model baru dari Honda CBR150R ini pastinya memberikan kekuatan baru dibanding generasi sebelumnya, untuk bersaing dengan Yamaha R15.

Berbicara mesin terlebih dahulu. All new Honda CBR150R mengandalkan mesin 150cc DOHC berpendingin cairan yang dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan.

Jantung mekanis tersebut mampu menyemburkan daya 16,8 Tk dengan torsi puncak 14,4 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Dalam sebuah pengujian internal yang dilakukan AHM, dengan jantung pacu ini sanggup membawa all-new Honda CBR150R melaju dari 0-200 meter hanya dengan 10,6 detik, dan kecepatan maksimal mencapai 127 km/jam.   

3 dari 5 halaman

All new Yamaha R15

Sedangkan all new Yamaha R15 yang diluncurkan pada 2017 silam, mengandalkan mesin satu silinder dengan kapasitas 155,1 cc, SOHC (Single Over Head Camshaft). Pelengkapnya adalah 4-katup dan sistem pendingin cairan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang mampu menghasilkan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19 Tk pada 10.000 rpm.

Bisa dilihat, dari segi performa di atas kertas, all new Yamaha R15 mengungguli all new Honda CBR150R.

Beralih ke desain, all-new Honda CBR150R mirip dengan sang kakak, Honda CBR250RR. Lampu-lampu LED yang berdesain agresif yang dikenakan mengadopsi DNA CBR250RR.

Sudut-sudut tajam di sekujur bodi yang menjadi ciri khas CBR150 tetap dipertahankan. Dengan begitu, motor jadi terlihat lebih agresif.

Sedangkan all new Yamaha R15 juga hadir dengan desain tajam yang aerodinamis, sangat menunjukan karakter DNA dari R Series yang ikonik. Diklaim, tampilan motor ini akan lebih mudah dalam urusan handling atau pengoperasian.

Jika untuk desain tampilan, hal tersebut balik lagi ke selera masing-masing pribadi konsumen. Apakah memang lebih menyukai gaya all new Yamaha R15 ataukah all new Honda CBR150R? 

4 dari 5 halaman

Infografis Gempa Beruntun dan Kuat Guncang Majene - Mamuju

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: