Sukses

Ini Dua Model yang Diprediksi Bakal Dirilis AHM Pekan Depan

PT Astra Honda Motor (AHM) berencana meluncurkan motor baru pekan depan. Seperti biasa, dalam undangan resmi yang disebar, mereka tak memberikan bocoran mengenai model apa yang bakal dirilis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) berencana meluncurkan motor baru pekan depan. Seperti biasa, dalam undangan resmi yang disebar, mereka tak memberikan bocoran mengenai model apa yang bakal dirilis.

Spekulasi pun berkembang. Honda CBR150R dan Honda PCX 160 diprediksi menjadi salah satu produk yang nantinya diluncurkan. 

Kabar hadirnya CBR150R baru sudah cukup lama beredar. Bahkan beberapa render banyak bermunculan, divisualisasikan berdasar informasi mungkin bercampur fantasi. Lagi pula secara usia pun sudah matang untuk mengalami perubahan. Masuk akal berpotensi duluan dilepas.

Mengacu sketsa beredar, tampilan Honda CBR150R bakal menyerupai sang kakak yang seperempat liter. Area pipi fairing membesar. Tentunya dengan lekukan lebih berotot dan menekuk tajam. Tampak tebal. Hal Itu otomatis mengubah fasad pula. Ada kemungkinan pakai model headlight dan DRL senada CBR250RR.

Perubahan berikutnya disinyalir terletak di suspensi. Entah bakal menyeluruh atau tidak, tapi dugaan kuat ada di fork depan. Berganti model jadi jenis upside down tentunya buatan Showa.

Mestinya rasa pengendalian akan lebih presisi dari pada teleskopik lama. Relevan dengan karakteristik sporty. Dan jika benar belakangnya ikut diubah, sepertinya CBR kecil bakal makin tangkas.

Sisanya, dari mulai fitur kokpit sampai keamanan deselerasi sepertinya belum bakal diubah banyak. Masih sama. Toh perantinya pun terbilang komplet buat ukuran motor 150 cc. Begitu pula sasis utama, hingga ke dapur pacu.

Mesin 150 cc DOHC bakal tetap berpadu girboks enam percepatan. Komposisi diameter dan langkahnya juga diperkirakan tetap 57,3 mm x 57,8 mm. Sementara output di kisaran 16,8 Hp dan torsi 14,4 Nm. Tak banyak berubah.

Kedua, prediksi tentu mengarah ke PCX 160. Gambarannya lebih jelas. Di Jepang sudah rilis, di Thailand segera muncul. Bahkan awak media di sana sudah mulai mencoba motor.

Meski sekujur tubuh masih dibungkus kamuflase. Tak menutup kemungkinan pula, PCX menjadi barang baru di minggu depan. Meski probabilitas masih kuat dipegang CBR baru.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serba-serbi Honda PCX

Untuk PCX sendiri, ada beberapa perubahan yang bisa kami lihat. Misal panel instrumen, sesuai ekspektasi. Sama dengan model PCX Jepang atau Eropa.

Tampilannya berubah. Jauh lebih modern sekaligus elegan. Bukan lagi mengandalkan display biru seperti seri lama.

Tampaknya sisa teknologi tak perlu banyak ditebak lagi. Meski bisa saja ada yang dipangkas khusus pasar Asia Tenggara, demi menekan harga. Atau, pembagian varian jadi lebih banyak dari pada sekarang.

Ekspektasinya, trim terlengkap mendapat HSTC dan ABS, tengah kebagian ABS saja, serta paling standar tak dapat sensor-sensor pengaman. Namun dilengkapi sistem kunci pintar.

Bagi yang belum tahu, perubahan jantung pacu PCX 160 boleh dibilang signifikan. Yang tadinya mengandalkan jenis dua klep, jadi empat klep. Menjawab keinginan konsumen selama ini.

Komposisi bore dan stroke turut berubah, 60 mm x 55,5 mm. Agak mengarah ke overbore memang, tapi perbandingan masih dekat. Mungkin supaya tenaga tiap putaran tetap terjaga.

Lebih menarik lagi, hasil ekstraksi daya Honda PCX baru mampu mencapai 15,5 Hp pada 8.500 rpm. Lantas torsi maksimal sanggup menoreh angka 15 Nm di 6.500 rpm.

Melonjak naik dari yang hanya kisaran 14 Hp dan 13 Nm. Dan peningkatan tak hanya dinilai hebat dari produk lama.

 

3 dari 4 halaman

Yamaha NMax Killer

Yamaha Nmax, mungkin gemetar mengingat outputnya lebih kecil. Kemampuannya terhenti di angka 15,1 Hp dan torsi 13,9 Nm. Berikut, PCX punya kompresi hingga 12:1. Sangat padat buat ukuran skuter harian.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) turut jadi paket pembaruan. Artinya ia sudah cukup menyaingi TCS milik Yamaha. Yang sama-sama meminimalisir terjadinya kurang traksi di roda belakang.

Seharusnya, sistem ini pun dapat dinyala-matikan. ISS, serta soket USB juga jadi barang yang bakal masuk ke PCX 160. Melengkapi kebutuhan komutasi.

Jangan kira meski wujudnya masih mirip, dimensinya tidak bertambah. Ada sedikit pembengkakan. Dan hal ini tampaknya jadi sebuah perubahan positif. Sebab, tangki bensin pun punya kapasitas tampung sampai 8,1 liter.

Sementara bagasi, membesar volumenya ke angka 30 liter. Ini lebih dari cukup untuk menyimpan helm serta barang harian.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.