Sukses

Beli Kendaraan Bekas, Begini Cara Membedakan BPKB Asli atau Palsu

Memiliki 5 ciri, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah memperhatikan cover BPKB.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli mobil bekas bisa menjadi solusi bagi calon konsumen dalam memiliki kendaraan kesayangan. Alasannya cukup beragam, mulai dari harga yang jauh lebih terjangkau dan juga siap pakai, karena surat-surat seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) memang sudah tersedia, tidak seperti mobil baru yang masih harus ada waktu untuk proses pengurusan.

Namun, bagi calon pembeli mobil bekas, harus hati-hati dengan mobil yang memiliki dokumen palsu, seperti BPKB yang merupakan surat inti sebuah kendaraan. Jadi, alangkah lebih baiknya, surat-surat kendaraan harus diperiksa dengan teliti.

Supaya tidak tertipu, berikut cara mudah mengetahui BPKP asli atau palsu, seperti dikutip TMC Polda Metro Jaya.

Memiliki 5 ciri, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah memperhatikan cover BPKB. Untuk yang asli akan terlihat lebih mengkilap dibandingkan versi palsu.

Lihat hologram pada BPKB, jika asli warna yang terdapat pada hologram tidak berubah atau tetap berwarna silver jika terkena sorotan sinar. Untuk BPKB palsu jika terkena sinar berubah menjadi warna kuning atau memancarkan warna kuning.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri Lain

Ada nomor di bagian bawah hologram yang berfungsi mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Meski demikian sejumlah nomor tidak akan terbaca kerena sifatnya rahasia.

Ciri selanjutnya ialah identitas pemilik, untuk BPKB yang palsu biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus.

Hal terakhir yakni halaman ke-14 akan muncul logo Korlantas hanya jika disinari menggunakan ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.