Sukses

Toyota Yaris Punya Varian Tiga Airbag, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor secara resmi meluncurkan new Toyota Yaris, Selasa (8/9/2020) secara virtual. Memiliki delapan pilihan varian, Yaris terbaru dibanderol mulai dari Rp263,4 juta hingga Rp301,4 juta on the road Jakarta.

Selain perubahan dari sisi eksterior, mobil pabrikan Jepang ini juga menghadirkan pilihan baru dari kapasitas airbag yang disematkan.

Bila sebelumnya hanya memiliki pilihan 7 airbag, untuk yang terbaru ini, Toyota memberikan pilihan 3 airbag. Lalu apa alasannya?

Menanggapi hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengaku pihaknya hanya memberikan pilihan varian bagi konsumen Tanah Air.

"Sebelum minor change itu, varian yang TRD jumlah kontribusinya sangat besar mungkin sekitar 70 hingga 80 persen. Mangkanya kita buat strategi berbeda, mulai dari tipe G yang porsinya sekitar 20 persen dan TRD yang kita bagi dua. Jadi ada yang full spek dengan 7 airbag dan 3 airbag," kata Anton.

Selain itu Anton mengakui bila varian terbanyak yang dipilih untuk Toyota Yaris ialah paling atas. Karena itu, pabrikan asal Jepang ini mencoba menghadirkan pilihan bagi masyarakat, termasuk dari jumlah airbag yang disematkan.

2 dari 4 halaman

Terserah Konsumen

"Sebenarnya kalau airbag ini bukan hanya masalah airbagnya tapi grading juga ke konsumen. Kita lihat memang tipe yang paling bawah tidak terlalu banyak dipilih konsumen, jadi persentasenya relatif kecil. jadi kita coba perkuat yang generasi atas," ujarnya.

Toyota juga menegaskan, pihaknya tak pernah kompromi masalah keselamatan berkendara bagi konsumennya. Karena itu terdapat fitur keselamatan lain yang diberikan untuk menambah sisi aman kendaraan.

"Pilihan itu kita kembalikan ke konsumen apakah mereka mau yang 7 airbag atau yang 3 airbag. Kami hanya memberikan pilihan," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Toyota Yaris Terbaru Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp263,4 Juta

Kembali menghadirkan kendaraan terbaru, PT Toyota-Astra Motor secara resmi meluncurkan new Toyota Yaris untuk konsumen di Indonesia secara virtual, Selasa (8/9/2020).

"Sebagai bentuk apresiasi dan implementasi dari semangat Let’s Go Beyond, kami kembali berikan improvement pada Yaris agar dapat memenuhi kebutuhan mobilitas, terutama di era new normal ini,” kata Vice President Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Selain memiliki radius belok yang lebih pendek, yakni 5,1 meter, mobil ini mengalami beberapa perubahan dari sisi eksterior seperti pada desain terkini. Di bagian depan, mobil ini memiliki wajah baru pada tipe G yang terlihat dari desain grille dan bumper depan. Varian TRD Sportivo disematkan desain LED anyar dan juga lampu kabut LED.

Sementara pada sisi interior, mobil pabrikan Jepang ini dibekali New Advanced Infotainment System with Smartphone Connection. Khusus tipe TRD Sportivo, new Toyota Yaris dilengkapi new Rear Parking Camera yang akan memudahkan pengemudi ketika parkir.

Pada sisi keselamatan, new Toyota Yaris memberikan pilihan yang lengkap kepada pelanggan, khususnya pada jumlah airbags. Kini New Yaris menawarkan pilihan 3 airbags atau 7 airbags.

“Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang menginginkan Toyota Yaris lebih stylish, awet muda, dan gesit. Untuk itu, konsep pembenahan pada new Yaris kali ini adalah melengkapi dan memperkuat DNA Yaris dengan radius belok yang lebih pendek serta desain eksterior yang stylish dan awet muda, "kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.   

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: