Sukses

Mengetahui Cara Kerja Rem ABS Pada Motor dan Mobil

Sistem pengeraman ABS alias Anti-lock Braking System mampu membantu pengendara saat melewati jalan licin ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengeraman ABS alias Anti-lock Braking System dianggap lebih aman dalam membantu pengendara saat melakukan pengereman secara mendadak. Rem ABS memungkinkan roda kendaraan tidak terkunci saat rem mendadak sehingga pengendara lebih mudah mengendalikan kendaraan.

Dilengkapi tiga katup pengereman, katup pertama memiliki fungsi untuk memaksimalkan tekanan minyak rem yang langsung tersambung dengan rem. Sementara itu, katup kedua berfungsi menghalangi tekanan pada minyak rem.

Katup ketiga juga akan menghalangi beberapa tekanan dari minyak rem yang akan diteruskan pada rem kendaraan.

Selain itu, fitur ini juga memiliki pompa untuk mengembalikan tekanan yang ada pada jalur pengereman agar dapat diantarkan ke katup rem.

Rem ABS juga memiliki komponen kontroler yang sering disebut sebagai otak. Hal ini dikarenakan kontroler dapat mengendalikan katup kemudian mengolah data yang berasal dari sensor kecepatan pada semua bagian roda kendaraan.

Lalu bagaimana cara kerja rem ABS pada motor?

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, kendaraan dengan sistem ABS dilengkapi dengan beberapa komponen didalamnya. Komponen inilah yang nantinya akan mempengaruhi cara kerjanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sensor Canggih

Sensor canggih pada ABS dapat membantu mendeteksi ketika roda mengunci. Kemudian, modulator secara otomatis akan menerima sinyal ketika hal tersebut terjadi.

Setelah itu, piston rem pada motor akan mengendurkan tekanan pada minyak rem dari kaliper.

Tekanan pada piston akan kembali pada tingkatan normal jika penguncian pada roda motor berkurang. Peningkatan pada minyak rem juga hanya terjadi 15-50 kali per detik. Hal ini tentu dipengaruhi oleh fitur ABS.

3 dari 3 halaman

Cara Kerja Rem ABS Mobil

Pada dasarnya cara kerja rem ABS pada mobil tidak jauh berbeda dengan motor. Sensor kecepatan yang menjadi komponen ABS pada mobil dapat mengetahui kecepatannya setiap waktu. Data tersebut akan disampaikan pada kontroler.

Kontroler akan memperoleh data dari sensor kecepatan sebelum roda mobil terkunci. Kemudian katup ketiga akan bekerja untuk menghalangi tekanan.

Apabila sensor kecepatan roda sudah terdeteksi, katup satu akan membuat tekanan pada minyak rem kembali dan meneruskannya ke rem kendaraan.

Cara kerja rem ABS pada mobil bisa terjadi sangat cepat. Waktu yang dibutuhkan oleh rem ABS untuk melakukan proses tersebut biasanya sekitar satu detik untuk dapat 15 kali proses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini