Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini Pabrikan Pertama yang Menggunakan Lampu Sein Berkedip

Terkait lampu sein, tahukan Otolovers siapa penemunya dan pabrikan mobil apa yang pertama kali menggunakan?

Liputan6.com, Jakarta - Terkait lampu sein, tahukan Otolovers siapa penemunya dan pabrikan mobil apa yang pertama kali menggunakan? Melansir dari Thenewswheel, berikut ulasan lengkapnya.

Lampu sein pertama kali ditemukan oleh seorang aktris Hollywood, Florence Lawrence pada tahun 1914 silam. Wanita ini menggunakan sistem bendera di bumper yang bisa dinaikturunkan.

Hanya saja ciptaannya tersebut tidak dipatenkan. Namun sebenarnya ibu dari Lawrence sudah berusaha mematenkan temuan anaknya itu, akan tetapi terlambat.

Sebab ada perusahaan lain yang mengaku telah memiliki desain serupa.

Kemudian barulah pada tahun 1925, Edgar A. Walz berhasil mematenkan hak paten dari lampu sein berkedip. Lalu, ia pun berusaha untuk memasarkannya ke produsen mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pabrikan Mobil Pertama

Lampu sein berkedip pertama digunakan oleh Buick lansiran 1938. Indikator ini merupakan fitur keselamatan baru dan satu-satunya inovasi di era itu.

Meski begitu, lampu sein berkedip ini tetap memiliki beberapa kekurangan. Seperti lampu sein menyala tanpa pengemudi sadari.

Perlu diketahui juga, di kala itu Buick mengiklankan lampu sein dengan tagline "Flash-Way Directional Signal".

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.