Sukses

Tak Perlu Beli, Sepeda Brompton Bisa Disewa Rp19 Ribu per Hari

Brompton berencana untuk meluncurkan layanan sistem sewa dengan jangka waktu bulanan atau tahunan. Dengan layanan ini diharapkan masyarakat bisa menggunakan sepeda lipat ini tanpa membelinya.

Liputan6.com, Jakarta - Brompton berencana untuk meluncurkan layanan sistem sewa dengan jangka waktu bulanan atau tahunan. Dengan layanan ini diharapkan masyarakat bisa menggunakan sepeda lipat ini tanpa membelinya.

Ide menghadirkan layanan sewa sepeda ini muncul melihat permintaan sepeda Brompton yang meningkat sejak masa pandemi Covid-19.

Menurut laman The Guardian, tingkat penggunaan sepeda di Inggris melonjak hingga 300 persen dalam beberapa hari terakhir. Data tersebut dikutip dari Departemen Transportasi Inggris.

Bagi konsumen yang berminat untuk berlangganan sepeda Brompton M3L, konsumen dikenai tarif 30 poundsterling per bulan, atau kira-kira 1 poundsterling sehari, untuk komitmen selama 12 bulan. Jika harga tersebut dikonversi ke dalam rupiah, maka kira-kira Rp 581.000 per bulan, atau Rp 19.000 sehari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya Sewa 

Biaya asuransi, perbaikan, dan servis dua kali setahun sudah termasuk dalam biaya berlangganan tersebut.

Julian Scriven, Direktur Pelaksana Brompton Bike Hire, memberikan penjelasan lebih dalam mengenai program berlangganan Brompton kali ini. “ Permintaan sangat tinggi selama beberapa bulan terakhir, baik untuk pabrikan dan ritel Brompton, dan persewaan sepeda."

3 dari 4 halaman

Laris Manis

" Sedikit tenang sekarang karena orang-orang sedang pergi berlibur. Menjelang akhir bulan lalu, hampir 700an sepeda kami habis disewa,” kata dia.

Sebelum pandemi, orang rata-rata menyewa sepeda Brompton selama 3-5 hari, tapi di masa pandemi ini angka itu melonjak hingga 30 hari. Untuk layanan berlangganan baru, pengguna harus mendaftar secara online, dan dapat mengambil sepeda dari konter Brompton terdekat.

Atau, pihak Brompton bisa mengirimkan unit sepeda ke rumah pelanggan. Scriven berharap akan memiliki 1.000 pelanggan dalam enam bulan ke depan. Dia juga mengatakan varian e-bike Brompton pun akan tersedia untuk program berlangganan di masa mendatang.

4 dari 4 halaman

Buka di Negara Lain

Brompton berencana untuk meluncurkan layanan berlangganan yang sama di Jerman menjelang akhir tahun depan, dan diikuti dengan Amerika Serikat.

Dia menyebut, layanan berlangganan sebagian ditujukan untuk kaum milenial dan generasi X, yang menginginkan keuntungan dari memiliki sesuatu tetapi tidak menanggung risiko. Sebab, jika ada yang rusak pada sepeda, konsumen tinggal datang dan menukarnya.

" Mereka tinggal bilang, saya mau ganti ini dengan yang enggak kempes -misalnya," kata Scriven.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.