Sukses

Rantai Motor Tiba-Tiba Berisik, Ini Solusinya

Berbeda dengan skuter matik, motor bebek dan sport menggunakan rantai untuk menggerakkan roda. Masalah yang sering muncul dari komponen ini ialah secara tiba-tiba mengeluarkan suara saat dikendarai.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan skuter matik, motor bebek dan sport menggunakan rantai untuk menggerakkan roda. Masalah yang sering muncul dari komponen ini ialah secara tiba-tiba mengeluarkan suara saat dikendarai.

Hal ini tentu mengganggu konsentrasi saat tengah berkendara. Timbulnya suara rantai juga membuat pengendara kurang nyaman dan menjadi ciri komponen ini mengalami masalah.

Memiliki beberapa penyebab, salah satu masalah yang membuat rantai mengeluarkan suara ialah kurangnya pelumas atau rantai kering dan kendur.

Jika rantai tak memiliki pelumas dan sangat kering, komponen ini bisa merusak gir. Tak hanya itu, rantai juga bisa putus secara tiba-tiba saat motor digunakan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya rantai tidak berisik, berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Senin (29/6/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Rantai

Pastikan rantai selalu bersih. Pemilik kendaraan bisa membersihkan rantai paling lama 2 hari sekali agar usia pakai komponen ini berjalan maksimal.

Jangan lupa berikan pelumas terbaik agar rantai motor tidak kaku dan mudah putus. Jika rantai kendur, atur rantai dengan ketegangan sekitar 2,5 cm sampai 3 cm.

3 dari 3 halaman

Gunakan Suku Cadang Asli

Pastikan penggantian rantai menggunakan part asli dan kualitas terjamin agar masa pakai dan performa yang dihasilkan maksimal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.