Sukses

Bersihkan Busi dengan Cara Ini Ternyata Salah

Salah satu perawatan yang wajib dilakukan pemilik kendaraan agar performa kendaraan tetap prima ialah membersihkan busi. Hal ini tak terlepas dari fungsi busi bagi mesin kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perawatan yang wajib dilakukan pemilik kendaraan agar performa kendaraan tetap prima ialah membersihkan busi. Hal ini tak terlepas dari fungsi busi bagi mesin kendaraan.

Masalah pada busi dapat menjadi penyebab utama kendaraan mogok dan tak berfungsi optimal. Karena itu, perawatan pada busi harus dilakukan dengan baik.

Bisa dilakukan di rumah, banyak pemilik kendaraan salah saat membersihkan busi. Tidak sedikit bikers menggunakan sikat kawat dan amplas. Padahal, cara membersihkan tersebut salah besar.

Seperti dilansir Federal Oil, busi yang sudah lama dipakai memang perlu dibersihkan. Namun, tidak menggunakan amplas dan sikat kawat.

Membersihkan busi biasanya memiliki tujuan membuang karbon sisa pembakaran yang menumpuk dan menyebabkan busi kotor.

Untuk membersihkan busi yang benar, pemilik sebaiknya menggunakan angin atau kompresor serta sikat halus. Saat sedang dibersihkan, jaga busi agar tidak basah atau terkena air agar tidak mudah korosi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permukaan Busi Bisa Berubah

Membersihkan busi dengan amplas dan sikat kawat dapat mengubah permukaan busi. Hal ini tentu berpengaruh pada sistem pembakaran.

Meski demikian, agar pembakaran yang dihasilkan dari busi maksimal, pemilik memang direkomendasikan untuk membersihkan busi dengan teratur dan cara yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini