Sukses

Toyota Innova Ini Bisa Mendeteksi Awal Corona Covid-19

Di India, ada Toyota Innova yang bisa menjadi pendeteksi awal Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh dunia memang belum menunjukan akan berakhir. Dengan begitu, kesadaran masyarakat untuk berdiam diri di rumah, dan tidak melakukan kontak sosial secara fisik, akan sangat membantu memutus mata rantai penyebaran penyakit yang teridentifikasi pertama kali di Wuhan, Cina.

Selain itu, penyebaran Covid-19 yang begitu cepat ini juga membuat berbagai pihak untuk berpikir menciptakan ide baru untuk menahan virus tersebut.

Salah satunya seperti di India. Ada Toyota Innova modifikasi yang bisa bekerja sebagai pendeteksi awal Covid-19.

Melansir laman Cartoq, mobil yang diberi nama Tiranga ini, diluncurkan oleh Administrasi negara bagian Pathanamthitta untuk mendeteksi awal orang yang terinfeksi.

Toyota Innova ini dimodifikasi dengan dapat menampung tiga petugas kesehatan, yang dapat berkeliling dan mencari orang yang terinfeksi.

Cara kerjanya, orang yang berada di luar tidak bertemu langsung dengan petugas yang berada di mobil, begitu juga sebaliknya petugas juga tidak perlu keluar. Mobil ini, dilengkapi dengan termometer inframerah untuk mendeteksi suhu tubuh orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera diproduksi

Petugas yang ada di dalam mobil akan memeriksa dan menyimpan rincian pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan menggunakan RSV-1 itu akan disampaikan ke Primary Health Centre (PHC)terdekat.

Kemudian PHC yang bertanggung jawab untuk penanganan tindak lanjut bagi mereka yang memiliki gejala COVID-19.

Sebagai informasi, mobil pendeteksi virus Corona Covid-19 ini akan segera diluncurkan, dan kini sedang diproduksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini