Sukses

Cara Mudah Merawat Audio Mobil Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Seperti mesin mobil, audio pada kendaraan harus selalu dirawat agar selalu dalam performa terbaiknya. Tak boleh asal, ada lima hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan audio.

Berikut cara mudah untuk merawat audio mobil, seperti dilansir Garda Oto, Senin (20/4/2020).

1. Matikan Audio Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Sangat mudah, hal pertama yang harus selalu dilakukan pemilik kendaraan ialah mematikan perangkat audio sebelum mematikan mesin mobil. Penting dilakukan, tegangan awal untuk menghidupkan mobil sangatlah tinggi.

Saat pemilik mematikan mesin mobil dalam keadaan audio masih menyala, kerusakan fatal pada perangkat tidak bisa terhindarkan. Karena itu jangan lupa mematikan audio.

2. Bersihkan Debu pada Head Unit

Tips penting lainnya untuk menjaga audio mobil ialah rutin membersihkan debu pada head unit. Hal ini penting karena debu yang menempel pada head unit dapat menyebabkan kerusakan pada fitur audio mobil.

3. Gunakan CD Original

Tips ketiga untuk menjaga kualitas perangkat audio ialah pastikan menggunakan CD original. Optik yang ada di dalam CD original akan bekerja secara maksimal, sehingga kondisi perangkat audio mobil tetap terjaga.

2 dari 2 halaman

4. Atur Komposisi Treble, Midle, dan Bass secara Teratur

Tips lain yang tak kalah penting ialah memperhatikan pengaturan pada equalizer sesuai dengan keinginan pengendara. Hal ini penting diperhatikan karena pengendara akan lebih nyaman saat berkendara.

Pengaturan volume yang terlalu keras, juga bisa merusak kualitas speaker audio mobil secara bertahap. Jadi, pastikan lakukan pengaturan yang tepat pada equalizer.

5. Bersihkan Optik dengan Menggunakan CD Cleaner

Tips terakhir untuk merawat audio mobil ialah membersihkan optik secara berkala dengan menggunakan CD Cleaner. Hal ini penting dilakukan agar optik dapat bekerja maksimal dalam membaca CD.