Sukses

Deretan Bahaya Ini Mengintai Pemotor yang Pakai Sandal Jepit

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan perlengkapan berkendara seperti sepatu dan jaket wajib dilakukan pengendara motor untuk melindungi bagian tubuh apabila terjadi kecelakaan.

Memasuki musim hujan, pengendara motor sering kali tak menggunakan alas kaki atau hanya menggunakan sandal jepit untuk menghindari sepatu basah atau terkena cipratan air.

Meski berkedara motor dengan sandal lebih praktis dibandingkan menggunakan sepatu, namun risiko bahaya tidak menggunakan alas kaki tertutup ternyata sangat besar.

Seperti dilansir Federal Oil, bahaya kaki tidak memakai sepatu saat riding yang pertama ialah menyentuh blok mesin yang panas, terutama bagi pengendara motor sport. Hal ini bisa mengakibatkan luka bakar.

Risiko selanjutnya yang mengintai pengguna sandal jepit ialah kaki akan mudah tergores jika tiba-tiba terkena benda tajam, ranting dan timpukan batu.

Tak hanya itu, kaki yang tidak terlindungi bisa terluka parah akibat bersenggolan dengan objek lain seperti motor lain yang berada di samping kanan atau kiri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Gunakan Alas Kaki Tertutup

Bagian kaki yang tak terlindungi ketika pengendara jatuh karena jalan licin saat hujan bisa mengakibatkan luka serius. Sangat disarankan pengendara untuk selalu menggunakan alas kaki tertutup.

Terlebih sepatu yang menutupi mata kaki agar selalu aman. Jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman digunakan saat sedang berkendara.