Sukses

Ironis, Pengemudi Gagal Mengerem Menabrak Toko Servis Rem

Liputan6.com, Greenville - Seorang pengemudi bernama Jaderric Freeman menabrak toko servis rem, Brakes-4-less di Greenville, South Carolina setelah gagal menghentikan laju mobilnya. Pria 21 tahun tersebut disinyalir berada dalam pengaruh alkohol.

Dilansir Carscoops.com, pihak kepolisian menyatakan bahwa pengemudi tersebut menabrak kendaraan lain sebelum kehilangan kendali dan menabrak toko servis rem. Freeman sudah ditahan dan dituntut atas pelanggaran berkendara sambil berada di bawah pengaruh alkohol.

Pengendara dari mobil yang ditabrak Freeman dikabarkan dibawa ke rumah sakit karena luka ringan.

Keadaan toko servis rem tersebut rusak cukup parah. Pintu dan kaca depan hancur berantakan. Sementara, beberapa mobil yang sedang berada di dalam mengalami kerusakan akibat tabrakan tersebut. 

Belum diketahui apakah kejadian ini terjadi karena pengemudi berada di bawah pengaruh alkohol atau rem yang tidak dapat berfungsi. Jika karena rem yang tidak berfungsi, tentu kejadian ini sangat ironis melihat Freeman menabrak toko servis rem.

 

2 dari 3 halaman

5 Fakta Menarik Seputar Rem Mobil

Salah satu faktor yang memengaruhi rasa percaya diri saat berkendara adalah rem. Komponen ini berperan untuk mengurangi kecepatan hingga menghentikan laju mobil. Jika rem tak berfungsi, potensi timbulnya kecelakaan semakin besar.

Ternyata, di balik fungsinya yang vital itu, rem menyimpan berbagai fakta menarik. Bahkan beberapa di antaranya jarang diketahui khalayak.

 

 
 

 

Berikut 5 fakta menarik tentang rem mobil berdasarkan Astrobrake.co.za:

1. ABS

Anti-lock brake system (ABS) adalah salah satu fitur keselamatan pada rem. Teknologi ini membuat kampas tidak akan mengunci sehingga mobil tidak mudah tergelincir. Ternyata, ABS pertama kali digunakan pada 1929 untuk pesawat. Barulah pada 1970 fitur ini diterapkan di mobil.

2. Hybrid

Rem pada mobil hybrid ternyata tak hanya berfungsi untuk menahan laju. Part ini juga bisa mengisi ulang daya baterai motor listrik. Setiap kali rem bekerja, daya yang masuk ke baterai pun semakin banyak.

3 dari 3 halaman

3. Suhu

 

Pernahkah Anda terpikir suhu tertinggi piringan rem cakram saat bekerja? Rata-rata, suhu rem mencapai 350 derajat celcius hingga 750 derajat celcius ketika membawa muatan berat sembari melalui jalan menurun.

4. Rem tromol

Pendiri Renault Motors, Louis Renault, berperan besar dalam penemuan rem tromol di tahun 1902. Tak hanya rem tromol, perusahaan asal Prancis itu juga berpartisipasi dalam pengembangan beberapa teknologi mobil lain, seperti suspensi hidrolik, gearbox, dan turbocharger.

5. Rem terkuat

Salah satu material terkuat di dunia, silicon carbide, diracik dan kemudian dipasang pada McLaren P1. 

Sumber : Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah, Ini Cara Merawat Rem Cakram pada Motor
Artikel Selanjutnya
Kampas Rem Wajib Diganti Sebelum Habis, Begini Cara Mengeceknya