Sukses

Harga Sekelas, Ambil Wuling Almaz atau Honda HR-V?

Wuling Almaz langsung buat geger bursa SUV nasional. Dengan fitur yang berlimpah, lagi-lagi harga yang diberikan Wuling jauh di kompetitor yang punya fitur setara.

Liputan6.com, Jakarta Wuling Almaz langsung buat geger bursa SUV nasional. Dengan fitur yang berlimpah, lagi-lagi harga yang diberikan Wuling jauh di kompetitor yang punya fitur setara.

Kalau melihat spesifikasi mesin yang dilengkapi turbocharger, seharusnya Wuling Almaz head to head dengan Honda CR-V. Tapi karena banderolnya Rp318,8 juta maka Almaz bermain di perkarangan Honda HR-V.

Apalagi di segmen SUV crossover penghuni paling laris adalah Honda HR-V, jelas ini membuka peluang Wuling Almaz untuk menggeser konsumen Honda untuk berpaling padanya.

Ada satu tipe Honda HR-V yang punya harga sangat mirip dengan Wuling Almaz. Ya, Honda HR-V 1.5 E harganya Rp317,5 juta. Dengan harga beda tipis, manakah yang layak dipilih?

Desain dan Dimensi

Wuling Almaz secara dimensi memang lebih besar dari Honda HR-V. Ya, panjang, lebar dan tingginya berurutan 4.655 mm, 1.835 mm dan 1.760 mm. Sementara Honda HR-V, 4.294 mm, 1.772 mm, dan 1.580 mm. Perbandingan dimensi sebenarnya sudah bisa terlihat jelas dari jarak sumbu roda. Wuling Almaz 2.750 mm sedangkan Honda HR-V 2.610 mm.

Walaun kabinnya cukup untuk 7 penumpang, tetapi Wuling Almaz diformat 5 penumpang. Duduk di dalam pun terasa lapang, terutama di baris kedua. Honda HR-V bukan berarti sempit. Ukuran lebih kecil dari Almaz, tapi masih menawarkan akomodasi luas khas Honda. Jok belakangnya fleksibel dan dapat dilipat rata lantai.

Saat menilai desain eksterior, bagi kami keduanya atraktif. Honda HR-V masih belum bosan dilihat, meski sudah beberapa tahun dipasarkan. Untuk model facelift ini, sedikit mendapat penyegaran di fasad maupun buritan. Almaz berkata lain. Sosoknya masih menjadi magnet kala bertemu di jalan. Desain wajah masa kini dengan gaya lampu bertingkat, cukup memberi karakter. Meski mirip dengan desain mobil lain, tak dipungkiri, banyak yang menyukainya. Sayang desain peleknya kurang menarik. Perpaduan dua warna yang dilingkari hitam, membuat ukurannya nampak kecil.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur

Lebih mahal hanya Rp1,3 juta dari HR-V, Almaz punya kelengkapan fitur berlimpah-ruah. Semua yang ada HR-V, ada juga di Almaz. Bisa saja dibandingkan dengan HR-V 1.5 Special Edition, tapi harganya malah jauh lebih tinggi. Tipe E ini masih menjadi varian terpopuler dan paling pas value-nya di antara yang lain.

Membandingkan harga keduanya, HR-V 1.5 E menjadi sangat mahal. Lampu depan masih halogen dan headunit monitor 8-inci kalah besar dari Almaz. AC digital dengan Smart Touch pun kalah mutakhir. Namun varian ini sudah menawarkan fitur keselamatan standar sangat mencukupi. Sebut saja dual airbag, ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), brake override system dan Emergency Stop Signal (ESS).

Almaz menawarkan daftar fitur lebih panjang. Mulai dari lampu utama LED, monitor superbesar 10,4-inci untuk segala fungsi, camera 360 dan panoramic sunroof. Fitur keselamatan aktif meliputi Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS) dan Hill Hold Control (HHC). Tak lupa, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) sangat penting bagi Anda yang malas cek tekanan angin ban. Kurangnya cuma satu, tidak punya pengaturan setir teleskopik. Sedikit mengurangi kesempurnaan posisi mengemudi.

 

 

3 dari 4 halaman

Performa

Kedua mobil berkapasitas mesin 1,5-liter. Bedanya, Almaz ditopang turbocharger, HR-V natural saja. Mesin 1.5 turbo dan CVT Almaz mengingatkan konfigurasi sama seperti Honda CR-V dan Civic. Kubikasi mengecil, tapi mampu mengganti posisi varian mesin 2,4-liter dan 2,0-liter. Tenaga 142 PS Almaz memang tidak sedahsyat di CR-V. Justru torsi lebih ditonjolkan dengan perbedaan 105 Nm dibanding HR-V 1.5. Perbandingan daya dengan HR-V 1.8 Prestige terlihat lebih adil. Tapi tetap saja, Almaz unggul jauh.

Setelah kami coba, tarikan Almaz jelas lebih kencang dari HR-V 1.5. Hanya terkendala turbo lag yang tergolong besar dan karakter CVT lamban. CVT HR-V malah lebih agresif dengan respons mendekati matik konvensional. Bahkan menyajikan entakan saat melakukan kickdown.

 

 

4 dari 4 halaman

Pengendalian

Bagian ini, keduanya berbeda kelas. Karena Almaz ditopang suspensi independen multi-link di belakang, yang menghasilkan kenyamanan dan kestabilan setingkat lebih baik dari HR-V. Saat kami coba di Sirkuit Sentul, penumpang belakang tetap merasakan nyaman saat diajak menikung cepat. Tidak sampai terbuang kesana kemari tipikal torsion beam milik HR-V.

Simpulan

Value for money Wuling Almaz amatlah menarik. Dengan harga terbilang sama dengan Honda HR-V 1.5 E, Anda mendapatkan SUV satu kelas di atasnya. Fitur lebih komplet, kabin lebih lapang, mesin lebih kencang dan pengendalian lebih baik, tentunya menjadi daya tarik utama. Tapi brand image dan layanan purnajual Wuling masih jauh di bawah Honda. Durabilitas produknya pun belum terbukti. Wajar, merek baru. Belum lagi menghadapi sikap skeptis merek Cina yang berkembang di benak calon konsumen. Jadi, jika Anda penikmat mobil dan tidak memikirkan itu semua, Almaz bisa menjadi solusi. Bila masih mencari ketenangan dan rasa aman, pilih HR-V saja.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini