Sukses

Ingat, Jangan Pernah Mendengarkan Musik Saat Naik Motor

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengurangi rasa bosan saat bepergian, tak jarang pengendara sepeda motor yang memilih untuk mendengarkan musik saat berkendara sepeda motor. Biasanya, si biker menggunakan earphone, baik dengan volume kecil atau hanya memasang di satu telinga.

Namun, mendengarkan musik saat berkendara ternyata memiliki risiko yang sangat besar. Pasalnya, saat berkendara, dibutuhkan konsentrasi penuh, dan jangan ada hal yang merusak hal tersebut.

Melansir laman Suzuki Indonesia, jangan hanya untuk kesenangan semata, malah justru bisa memecah fokus Anda ketika melaju di jalan saat mengendarai motor.

Menutup telinga dengan memakai earphone, sama saja dengan mengurangi fungsi telinga, yaitu mendengar. Padahal, saat berkendara di jalanan umum, banyak hal yang wajib kita dengar dan perhatikan.

Kalau telinga sudah diisi dengan suara lain, maka itu sama saja dengan kita tidak tahu dan mendengar apa yang ada di sekitar kita, contohnya klakson dari kendaraan lain.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Anda pasti tahu bahwa suara klakson yang dikeluarkan dari kendaraan lain mungkin saja peringatan yang perlu diperhatikan, karena mungkin saja sedang dalam kondisi bahaya, dan perlu diperingati.

Tidak cuma itu, suara-suara yang keluar dari earphone juga bisa membawa Anda dalam ruang imajinasi, sehingga akan terpecahlah konsentrasi.

Walaupun menggunakan earphone ketika mengemudi tidak secara eksplisit ilegal, tetapi tetap berbahaya dan bisa menjadi penyebab kecelakaan karena suara yang datang dari earphone menyebabkan gangguan yang cukup signifikan. Pengendara berisiko tidak punya kontrol yang penuh terhadap kendaraan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sekolah Ambruk di Bogor Tak Kunjung Diperbaiki

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Fitur Ini Bisa Mencegah Kecelakaan Fatal yang Melibatkan Sepeda Motor
Artikel Selanjutnya
Bernilai Rp 3,5 Miliar, Apa Hebatnya Motor Tua yang Satu Ini?