Sukses

5 Truk Fuso Bantu Pemulihan Palu

Liputan6.com, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tergerak untuk ikut membantu korban gempa di Sulawesi Tengah. Distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia ini menyerahkan 5 unit kendaraan Fuso Colt Diesel kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Robert E Wannee, Presiden Direktur PT Krama Yudha, selaku perwakilan Krama Yudha Mitsubishi Group di kantor PMI, Kamis (25/10) lalu. Unit diterima oleh Ginanjar Kartasasmita, selaku PLH Ketua Umum Palang Merah Indonesia.

Bantuan ini dapat terwujud berkat kerjasama Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing dan Krama Yudha Ratu Motor (KRM).

Donasi truk ini sebenarnya bukan yang pertama bagi KTB. Tiap tahunnya, pabrikan truk dan bus asal Jepang itu mengirim produknya kepada PMI. Namun, adanya bencana alam yang menimpa masyarakat di Sulawesi Tengah, semakin mendorong KTB untuk lebih banyak membantu.

Lima unit Colt Diesel yang diberikan terdiri dari dua model, yakni empat berbentuk truk tangki air dan satu unit truk derek. Truk-truk ini akan digunakan sebagai kendaraan operasional dalam membantu korban bencana alam di Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya.

Banyaknya truk tangki air yang diberikan didasari masukan dari PMI. Menurut PMI, kendala terbesar yang dialami korban bencana alam adalah pasokan air bersih. Bencana yang menimpa seringkali memutuskan akses masyarakat terhadap air bersih. Diharapkan dengan adanya truk tangki air ini, distribusi air bersih dapat semakin cepat dan merata.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sedangkan truk derek ditujukan untuk membantu proses evakuasi, karena dapat digunakan untuk mengangkut puing sisa reruntuhan. Sehingga diharapkan dapat mempercepat proses normalisasi Kota Palu, Donggala dan sekitarnya.

Robert E Wannee menyampaikan bahwa keluarga besar Krama Yudha Mitsubishi Group tentunya sangat berduka dan berbela sungkawa, atas kejadian bencana alam yang menimpa masyarakat Palu. Hal inilah yang menggerakkan Krama Yudha Mitsubishi Group untuk membantu sesama melalui bantuan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh para korban.

“Kami berharap truk yang kami berikan dapat bermanfaat dalam membangun kembali Kota Palu dan sekitarnya, dan yang paling penting dapat membangun kembali harapan dan semangat para korban” ucap Robert E Wannee dalam keterangan resmi yang diterima OTO, Jumat (26/10).

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.