Sukses

Mengintip Spesifikasi Sedan VinFast, Mobil Nasional Vietnam yang Berdarah Jerman

Liputan6.com, Hanoi - Selain menawarkan mobil SUV, ternyata manufaktur mobil VinFast asal Vietnam menawarkan sedan juga. Sebagai pabrikan yang baru, desain yang mereka tawarkan harus diakui cukup menggoda. 

Ada yang menarik, desain yang Anda lihat ini, sebenarnya berasal dari jajak pendapat nasional. Rakyat Vietnam diminta memilih dari 20 sketsa desain yang berbeda. Dan inilah pilihan terbaik. Bagaimana menurut Anda?

Memang, bahasa desain adalah kunci untuk membuat calon konsumen jatuh hati. Dan kami juga mengapresiasi rancang bangun sedan VinFast. Meski, kalau diamati baik-baik, tampilannya seperti gabungan dari model yang pernah ada. Dari samping, masih kental atmosfer BMW seri 5, dengan antena ‘hiu’ di atapnya. Betul, platform-nya memang pinjam dari BMW.

Namun kalau dilihat dari depan, sangat beda dari BMW seri 5. Rahasia tampilan menariknya, VinFast menggandeng rumah desain Italia Pininfarina untuk meracik ulang. Jadi, versi sedan punya sedikit gaya. VinFast sedan tampil dengan lampu depan yang sipit dan raut mukanya lebih dewasa. Lampu pakai LED, ditambah tarikan garis krom yang bertemu di tengah grille, bersama dengan logo V. Grille juga lebar dan menganga, mengikuti tren global.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara bagian belakang juga cukup keren. Sekilas desain lampu mirip sedan Tesla. Lampu belakang pakai LED, dengan garis memanjang. Dari kejauhan tampak seperti logo sayap Batman, yang punya titik temu V (dari logo mobil). Sedan ini dikemas dari siluet fastback, dengan kap (bonnet) yang panjang. VinFast dan Pininfarina benar-benar berusaha mencuatkan aksentuasi karakter beda.

"Dalam hubungannya dengan Pininfarina, kami telah memahat secara hati-hati setiap garis tubuh, untuk mengekspresikan keindahan alam Vietnam. Inilah bagian dari karakter yang hangat nan dinamis, dari orang-orang kami (rakyat Vietnam, Red) melalui bahasa desain kelas dunia dan modern," papar David Lyon, Director Design VinFast, dalam sebuah pernyataan resmi.

Jantung mekanisnya pakai mesin bensin 2.0 liter turbocharger, yang berasal dari unit BMW N20. Output yang dihasilkan di kisaran 175 Tk hingga 227 Tk. Semua proses pembuatannya pun kilat. Lyon bilang kurang dari 11 bulan. Sebab, ia melewati proses traditional clay modelling. Toh, desain BMW sudah matang, VinFast tinggal meracik ulang paras depan dan belakang. Dan mungkin saja, interior pun tak jauh beda dengan seri 5.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
KIA Pamerkan SUV Pengadang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero
Artikel Selanjutnya
Ford Terbaru Hadir di Indonesia, Bukan Mobil tapi Electric Scooter