Sukses

Mau Selamat, Gunakan Ban Sesuai Peruntukannya

Meski bentuk ban sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan baik secara performa maupun kualitas bahan compound yang dipakai.

Liputan6.com, Jakarta - Layaknya manusia yang membutuhkan sepatu model terkini agar tampil trendi, maka mobil pun kerap diganti pada bagian ban agar terlihat keren saat di jalanan.

Namun begitu, meski mengganti-ganti ban boleh dilakukan, akan tetapi hal tersebut tak bisa sembarangan.

Menurut Deputy General Manager PT YHI Indonesia (ban Yokohama Indonesia), Eka Satria, meski bentuk ban sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan baik secara performa maupun kualitas bahan compound yang dipakai.

“Begitu juga ban SUV beda karakter dengan sedan. Nah ini kebetulan dibuat ban untuk MPV dan sedan. Tapi jangan dipakai buat Fortuner karena peruntukannya beda,” ucap Eka saat meluncuran ban Yokohama Advan dB V552 khusus ban premium sedan, di kawasan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (5/9/2018).

Kata Eka, salah memakai ban bisa membuat fungsi safety pada ban berkurang. Selain itu, performa ban yang digunakan juga tidak akan maksimal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Karena itu, jika ban SUV digunakan pada mobil sedan, maka bobot mobil tidak sesuai terhadap ban.  Artinya, risiko yang didapat jadi cepat cepat rusak.

“Karena itu ban sendiri harus lihat dulu peruntukannya. Istilahnya bukan tidak bisa dipakai (ban sedan) untuk Innova, tapi buat apa punya sepatu basket dibuat lari. Jadi tidak akan perform optimal. Ban juga sama,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.