Sukses

Honda Civic Type R Cetak Rekor Lagi, Seberapa Kencang?

Honda Civic Type R kembali cetak rekor kecepatan baru. Kali ini, hothatch dari pabrikan Jepang ini, mampu mencetak lap time 2 menit 31,32 detik di Sirkuit Silverstone GP, Inggris.

Liputan6.com, Nürburg - Setelah mencatatkan rekor di Sirkuit Magny-Cours GP, Prancis, Honda Civic Type R kembali cetak rekor kecepatan baru. Kali ini, hothatch dari pabrikan Jepang ini, mampu mencetak lap time 2 menit 31,32 detik di Sirkuit Silverstone GP, Inggris.

Catatan ini, sekaligus melampaui rekor yang diraih Honda Civic Type R generasi sebelumnya, pada ajang yang sama 2016.

Honda Civic Type R dikendarai oleh pembalap yang telah memenangkan British Touring Car Championship tiga kali berturut-turut, yakni Matt Neal. Sirkuit Silverstone GP memiliki panjang lintasan sejauh 5,89 km, yang terdiri dari jalan lurus dan tikungan tajam. Dengan kecepatan yang dihasilkan mesin berkapasitas 2,0 liter VTEC Turbo.

Karakteristik mobil yang aerodinamis dibutuhkan untuk melewati sirkuit, dengan keseimbangan tarikan dan pengereman yang dimiliki Honda Civic Type R mampu melibas trek dengan lancar. Saat menggunakan mode +R, Adaptive Damper System bekerja menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi saat melewati Sirkuit Silverstone yang berkelok-kelok.

"Mobil ini merupakan yang terbaik di kelasnya, dengan platform yang sepenuhnya baru dibandingkan generasi sebelumnya. Honda telah memperbaiki setiap aspek, mulai dari stabilitas handling dengan suspensi multi-link, aspek aerodinamika, pusat gravitasi lebih rendah, setir yang presisi serta tenaga, dan akselerasi yang juga meningkat," jelas Matt Neal.

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, jajaran pembalap yang akan berlaga di Type R Challenge 2018 berikutnya adalah pemenang Formula 1 World Champion sekaligus pembalap NSX Super GT, Jenson Button dari Inggris dan pembalap WTCR Tiago Monteiro dari Portugal.

Untuk diketahui, pada April 2017, Civic Type R menjadi mobil dengan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring Nordschleife. Mobil ini mencatatkan waktu dengan lap time 7 menit 43,8 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.