Sukses

Sempat Terlupakan, Ini Lima Mobil yang Menggendong Mesin 5 Silinder

Mobil yang menggendong mesin 5 silinder sudah mulai menghilang dari peredaran di zaman modern. Tak ada lagi pabrikan yang memproduksi mobil dengan mesin 5 silinder. 

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki zaman yang semakin modern dengan teknologi yang kian maju, pabrikan mobil kini berlomba untuk memproduksi mobil yang menggunakan berbagai fitur canggih. Begitu juga halnya dengan mesin, banyak mobil yang mungkin kini menggunakan mesin empat, enam dan delapan silinder. Itu merupakan hal yang biasa, tetapi mesin 5 silinder kini sudah sangat jarang.

Dilansir dari AutoGuide, Sabtu (14/4/2018), Audi memperkenalkan mesin bensin 5 silinder pertama di generasi kedua Audi 100 sekitar 40 tahun yang lalu. Tidak seperti mobil lain yang tetap menggunakan mesin tradisional empat, enam dan delapan silinder, pabrikan mobil Jerman tersebut masih melanjutkan produksi mobil mesin 5 silinder.

Mesin TFSI lima silinder 2.5L yang telah terpilih sebagai "Engine of the Year" sebanyak 7 kali berturut-turut sejak 2010, dengan All New TT RS terus didukung oleh mesin 5 silinder.

Tapi Audi bukanlah satu-satunya produsen mobil yang menggunakan mesin 5 silinder. Berikut lima mobil lain yang mungkin telah Anda lupakan bahwa mereka memiliki mesin lima silinder:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ford Focus RS

Banyaknya mobil keluaran Ford yang baru, membuat Ford Focus RS yang merupakan model lama ini, terlupakan bahwa ia memiliki mesin lima silinder. Seperti mesin lima silinder yang dimiliki Audi berkapasitas 2.5 L, mesin yang sama sebenarnya digunakan di model Ford lain yang ada di pasar Eropa.

Namun, performa dari Ford Focus RS terbaru akan membuat orang lain melupakan mesin 5 silinder pendahulunya. Generasi ke-2 dari Ford Focus RS menggunakan mesin yang kuat dengan mesin 5 silinder tetapi tidak pernah dibuat di Amerika.

3 dari 6 halaman

2. Volvo 850R

Seperti Audi, Volvo juga menyematkan mesin 5 silinder dalam Volvo 850 R. Varian tertinggi dari Volvo 850 ini hanya diproduksi dari tahun 1996 hingga 1997. Mobil ini menggendong mesin 5 silinder dengan turbocharger 2.3 liter.

Volvo 850 R hadir dengan pilihan varian sedan dan wagon, dan terjual sebanyak 5.000 hingga 7.000 unit secara global. Mobil ini adalah sebagai pengganti dari Volvo S60 dan V70 R.

4 dari 6 halaman

3. Land Rover Defender

Land Rover Defender menggunakan mesin diesel lima silinder Td5 yang populer mulai tahun 1998. Mesin diesel lima silinder ber-turbocharger ini menggantikan mesin terdahulunya yakni Tdi, guna memenuhi peraturan emisi pada saat itu dan hingga tahun 2007.

5 dari 6 halaman

4. Mercedes-Benz W123

Mercedes-Benz menggunakan mesin diesel lima silinder di W123 yang dianggap sebagai salah satu mesin yang paling diandalkan pada masanya. Itu menjadi salah satu alasan utama mengapa Mercedes menjadi populer di Amerika pada 1980-an.

Pada tahun 1976, Mercedes memperkenalkan mobil W123 dengan 4 pintu, bermesin diesel 3.0 liter lima silinder dan mobil ini sangat terkenal di jamannya.

6 dari 6 halaman

5. Acura Vigor

Honda dikenal dengan mesin empat silindernya yang mengesankan. Tapi tahukah Anda bahwa produsen mobil asal Jepang tersebut menggunakan mesin 5 silinder berkapasitas 2.5 liter di Acura Vigor?

Tidak banyak yang mengenal Acura Vigor. Tapi Acura adalah merk mobil mewah dari Jepang pertama yang diperkenalkan, dengan diluncurkannya Acura Legend dan Acura Integra, sebelum munculnya Accord.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.