Sukses

Gokil, Harga Mesin Ini Setara 25 Toyota Avanza

Liputan6.com, Jakarta- Hypercar Ferrari LaFerrari menjadi salah satu mobil terhebat sejagad. Sejak pertama kali resmi dipamerkan di Geneva Auto Show 2013, mobil ini langsung menjadi buruan orang-orang tajir, karena perusahaan hanya membuat terbatas, yaitu 499 unit, plus satu unit edisi khusus.

Untuk membeli LaFerrari juga tidak mudah, sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya memiliki model Ferrari lain lebih dari dua unit. Alhasil sejak 2013-2015, mobil ini sudah ludes terjual.

Menyoal harga, saat pertama kali diluncurkan mobil sport hybrid ini dibanderol di atas US$ 1 juta atau setara Rp 13 miliar.

Namun tahukah Anda, harga LaFerrari dengan status seken saat ini berkali-kali lipat dari pertama kali dijual. Bahkan pada Desember 2016 lalu, sebuah acara lelang yang menawarkan LaFerrari akhirnya dilepas dengan harga US$ 7 juta di atas Rp 92 miliar.

Alhasil LaFerrari kini disebut menjadi salah satu mobil paling berharga di abad 21 dalam sebuah acara lelang.

Jika di awal kita membahas secara utuh mobil LaFerrari, ternyata bagian-bagian mobil tersebut juga tak murah.

Seperti dilansir Carscoops, Senin (8/1/2017), sebuah mesin Ferrari LaFerrari yang dibenamkan V12 naturally aspirated berkapasitas 6,3 liter dijual di eBay dengan harga yang fantastis yaitu mencapai US$ 385 juta atau sekitar Rp 5,08 miliar.

Dengan banderol tersebut, jika diasumsikan dengan sebuah Toyota Avanza model terendah seharga Rp 200 jutaan, maka harga mesin LaFerrari setara dengan 25 mobil sejuta umat itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tidak disebutkan alasan detail mengapa si penjual menawarkan mesin yang sudah menempuh jarak 20 mil atau 30 km itu. Akan tetapi diperkirakan, mesin mobil tersebut dijual lantaran sang pemilik mengalami kecelakaan parah.

Karena kerusakaan dan mahalnya biaya perbaikan, tak ada perusahaan asuransi yang mau membayarnya. Apa pun alasannya, dipastikan mesin mobil tersebut tetap banyak dicari orang.

Diketahui mesin LaFerrari ini memiliki daya hingga789 Tk pada 9.000 rpm dan torsi 700 Nm pada 6.750 rpm. Sementara dengan tenaga listrik, mobil ini memiliki daya 160 Tk, sehingga total tenaga yang dihasilkan menjadi 950 Tk.

Di atas kertas, LaFerrari memiliki akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik. Di lintasan Fiorano, dalam satu lap, LaFerrari mampu mencatat 1 menit 20 detik. Angka ini tiga detik lebih cepat dari F12 Berlineta dan lima detik lebih cepat dari Enzo.

Artikel Selanjutnya
Ancaman Ferrari Keluar dari F1 Harus Ditanggapi Serius
Artikel Selanjutnya
Ini Deretan Mobil Mewah Jennifer Dunn, Ada Ferrari Juga?