Sukses

Gila, Lima Mobil Ini Bermesin Pesawat Terbang

Liputan6.com, Jakarta Mobil-mobil dengan mesin berkapasitas besar dengan tenaga melimpah mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Begitu pula dengan mobil yang disematkan teknologi pendukung untuk meningkatkan tenaga juga bukanlah hal yang luar biasa.

Nah, mobil yang mengadopsi mesin dari pesawat terbang maupun helikopter bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dibahas. Berikut ini 5 mobil yang mengadopsi mesin pesawat maupun helikopter, dilansir Autoevolution.

1. Tucker 48

Mobil ini mengadopsi mesin 6-silinder segaris. Uniknya, mesin tersebut adalah hasil modifikasi dari Franklin 6 Series yang digunakan untuk pesawat terbang dan helikopter. Modifikasi meliputi penambahan radiator, karena mesinnya disematkan di bagian buritan. Alasan menggunakan mesin pesawat karena tim rekayasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkan mesin baru.

2. Lotus 56

Pabrikan Oli STP meminta Lotus untuk membangun mobil yang dapat memenangkan ajang balapan Indy 500. Hasilnya? Lotus Type 56 yang mengadopsi mesin turbin Pratt&Whitney ST6. Sayangnya Lotus 56 tidak memenuhi tujuannya karena berbagai masalah mekanikal.

 

1 dari 3 halaman

Fiat S76 300 HP (Beast of Turin)

3. Fiat S76 300 HP (Beast of Turin)

Mobil berukuran ekstra besar ini sudah berumur lebih dari 100 tahun. Beruntungnya, mobil ini dihidupkan kembali pada ajang Goodwood Festival of Speed 2015 lalu.

Perlu diketahui, Fiat S76 300 HP merupakan salah satu mobil yang sukses menyematkan mesin pesawat. Mesinnya berkapasitas 28,5 liter yang menghasilkan tenaga 300 Tk pada 1.900 rpm.

4. Sunbeam 1000 HP Mystery (The Slug)

Sunbeam menjadi mobil bertenaga mesin pesawat yang sanggup meluncur hingga 320 km/jam. Pencapaian tersebut sangatlah mengesankan pada zamannya, bahkan angka tersebut sulit untuk dicapai menggunakan mesin modern. Hebatnya, Sunbeam menggunakan dua mesin yang berasal dari pesawat terbang. Setiap mesin berkapasitas 22,4 liter, tenaga gabungan mencapai 900 Tk.

 

2 dari 3 halaman

Bluebird CN7

5. Bluebird CN7

Mobil ini merupakan mobil terkuat dibanding mobil bermesin pesawat lainnya. Bluebird CN7 dibuat untuk Donald Campbell, yang dikenal sebagai pemecah rekor kecepatan kendaraan, di air maupun di darat. Bluebird CN7 mengadopsi mesin Bristol-Siddeley Proteus turboshaft yang menghasilkan tenaga lebih dari 4.000 Tk.

Donald Campbell berhasil mencatatkan waktu 648 km/jam di 1964, tapi angka tersebut membuatnya kecewa. Mobil lain disiapkan untuk memenuhi ambisi Donald Campbell, sayangnya Donald Campbell tewas dalam kecelakaan pesawat jet di tahun 1967.