Sukses

Daur Ulang Oli Bekas Sepeda Motor, Buat Apa?

Oli ini berfungsi untuk oli campur atau pelumas dalam industri.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - PT Wiraswasta Gemilang Indonesia tidak hanya memproduksi pelumas untuk mesin sepeda motor. Pemilik merek Evalube ini juga memproduksi oli daur ulang.

Bambang Budiyanto, Marketing Research and Community Evalube menuturkan, oli daur ulang dibuat bukan untuk melumasi mesin, melainkan untuk membantu proses pembakaran pada mesin 2-Tak. Selain itu, oli ini juga digunakan dalam industri batu kapur.

"Kalau yang istilah oli daur ulang itu pabrik kita bisa memproses, namanya re-refinery. Ini memang sebetulnya tidak dipakai lagi buat engine oil tapi lebih ke mix oil atau oli campur, jadi ini terbakar dengan bahan bakar," tutur pria dengan sapaan Bambang ini kepada Liputan6.com di Malaysia.

Dalam proses re-refinery ini PT WGI menggunakan teknologi Mohawk dari Kanada. Oli bekas dibersihkan dari kandungan gram dan kemudian memulihkan rantai karbon.

"Teknologi ini memulihkan rantai karbon yang sudah pecah karena proses pemanasan. Itu dipulihkan dengan proses radioaktif. Ditembakkan atom C, atomnya itu bisa pulih lagi," urainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini