Sukses

Kiat Berkendara Bagi Pemotor Pemula

Pengetahuan dasar membuat lebih berhati-hati dan tidak sembrono dalam berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai sepeda motor jadi kegiatan paling menyenangkan karena sifatnya yang lincah dan fleksibel. Banyak orang terdorong memilih sepeda motor sebagai kendaraan harian karena praktis.

Bagi Anda yang baru mengendarai sepeda motor atau berencana jadi pemotor, perlu memperhatikan beberapa pengetahuan dasar baik teknis maupun cara berkendara. Bagi para remaja, pengetahuan dasar membuat lebih berhati-hati dan tidak sembrono dalam berkendara.

Dilansir Cycleworld, berikut ini pengetahuan dasar yang wajib diketahui para pemotor pemula:

Tahan setang dengan luwes

Mengendarai sepeda motor jelas butuh keseimbangan. Bagi yang baru belajar, kuncinya yaitu tetap tahan setang dengan kuat namun tidak kaku.

Tangan yang luwes membuat berkendara tetap halus dan motor tetap lincah. Kemampuan dasar ini bisa terus ditingkatkan seiring semakin seringnya berkendara dan mengendarai motor dengan mesin lebih besar.

Belajar dari yang ringan

Jika kamu seorang pemula, jangan langsung memilih sepeda motor yang berat seperti misalnya sport. Belajar dengan motor-motor yang sederhana dan bobotnya lebih ringan. Motor yang ringan masih mudah dikontrol apabila tiba-tiba saja goyah.

Mulai dari kecepatan rendah

Belajar motor tidak bisa langsung main putar tuas gas. Anda perlu berkendara setahap demi setahap mulai dari kecepatan rendah.

Dengan belajar dari kondisi pelan maka bisa mencegah terjadinya kecelakaan. Anda juga semakin mahir apabila berkendara dalam kecepatan yang lebih tinggi.

Berkendara pakai motor 'normal'

Periode belajar motor tidak perlu dengan mengendarai jenis yang cukup radikal, seperti chopper misalnya. Dari segi desain, motor seperti itu memang tampak gagah namun tidak dari segi kenyamanan.

Untuk para pemula, sebaiknya mengendarai motor-motor standar. Apabila ingin tampil lebih gaya bisa memilik naked bike. Motor standar memberi kenyamanan melalui kontrol yang baik, serta beberapa diantarnya memiliki fitur keselamatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini