Sukses

Avanza dan Agya Menguasai Medan

Model MPV dan mobil murah menjadi alasan mengapa Avanza dan Agya bisa berjaya di Medan.

Liputan6.com, Medan - Komposisi penjualan di Tanah Air terlihat seragam. Model terlaris Toyota tetap dipegang Avanza. Sementara Agya mengikuti di tempat kedua.

"Kombinasi Avanza dan Agya bisa mencapai 70 persen," kata Judianto, Operation Manager Sumatera Auto2000. Setelah itu barulah muncul Innova. "Innova baru sangat membantu market share. Di Sumatra Utara, Innova menempati 92 persen pangsa pasar kelasnya," tambah Yudi.

Di antara jaringan bisnis Toyota Sumatera, penjualan di Medan menempati posisi teratas. "Penjualannya mencapai 48 persen," jelas dia. "Habis itu Palembang."

Meski, banyak Sumatera perusahan tambang atau perkebunan, porsinya ternyata tidak signifikan. "Di bawah 10 persen lah. Rata-rata 7 persen. Ada dealer yang hanya bisa menjual sistem fleet sebesar 2 persen,"  tutur Yudi ketika berbincang dengan Liputan6.com. Sebab, sektor fleet belanja mobil tiap empat tahun sekali.

Di Medan, Auto2000 memiliki 5 cabang. Tiap cabangnya dapat menjual antara 900 sampai 1.000 unit mobil. Sementara di Sumatra ada 13 cabang Auto2000. "Di Medan sendiri ada satu cabang yang belum punya layanan bengkel," tutup Yudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini