Sukses

Hanya Mitsubishi dan Suzuki yang Bohongi Konsumen

Di antara seluruh pabrikan otomotif Jepang, ditemukan bahwa hanya Mitsubishi dan Suzuki saja yang memanipulasi efisiensi bahan bakar.

Liputan6.com, Tokyo - Di antara seluruh pabrikan otomotif Jepang, ditemukan hanya Mitsubishi dan Suzuki saja yang memanipulasi efisiensi bahan bakar. Hal ini diungkapkan oleh pejabat Kementerian Transportasi Jepang.

Ini adalah hasil dari investigasi satuan khusus yang dibentuk untuk mengevaluasi uji kendaraan pasca Mitsubishi mengaku memalsukan data, bulan lalu.

Dilaporkan Reuters, pejabat yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan pemerintah telah meminta Suzuki memberikan informasi lebih lanjut terkait hal ini. Batas penyerahan laporan ditetapkan hingga akhir bulan ini.

Melalui investigasi internal, Suzuki mengaku tidak menemukan adanya manipulasi data efisiensi. Mereka mengaku ada sejumlah perbedaan hasil soal emisi dan efisiensi bahan bakar dibandingkan hasil investigasi pemerintah Jepang.

Lebih jauh, perbedaan hasil ini disebabkan karena pabrikan dan pemerintah memiliki metode yang berbeda dalam melakukan investigasi terhadap 16 model.

Sementara dari Mitsubishi, pada bulan lalu mereka mengaku telah memanipulasi hasil efisiensi bahan bakar untuk empat model mobil mini. Buntutnya, sang presiden dan wakil presiden memutuskan untuk mengundurkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.