Sukses

Karakter Shock Beragam, yang Ini untuk Motor Balap

Berikut adalah karakter shock atau suspensi yang cocok untuk sepeda motor balap.

Liputan6.com, Depok - Spesifikasi sepeda motor untuk balapan tentu berbeda dengan motor standar yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain mesin, salah satu perbedaan lainnya ada pada kaki-kaki.

Menurut Yanto, pemilik bengkel Service Motor Shock (SMS) yang berada di Depok, Jawa Barat, shock belakang motor balap yang baik adalah yang berkarakter berat, lebih berat dari yang standar, serta yang lembut tapi kembalinya lama.

"Karakter shock belakang untuk balap itu yang cepat `masuk`, tapi kembalinya lama. Ini berguna supaya motor lebih tenang, tidak liar. Waktu standar juga membantu akselarasi," ujarnya kepada Liputan6.com, beberapa waktu yang lalu.

Yanto merekomendasikan beberapa merek shock yang menurutnya paling sesuai kriteria. "Shock Daytona atau Showa sudah bagus. Paling murah Rp 1,3 juta, paling mahal bisa Rp 35 jutaan," tambahnya.

Sementara itu, jika shock motor belakang harus diganti/variasi, maka tidak demikian dengan shock depan. Yanto menyebut, justru sepeda motor balap shock depannya haruslah yang standar pabrikan.

"Di dunia balap shock depan justru harus standar karena tabungnya lebih kuat. Kalau yang variasi justru biasanya banyak yang melenceng, tidak presisi," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.