Sukses

Seperti Power Ranger, Mobil Volvo Bisa Dikontrol dari Gelang

Konsumen Volvo nantinya dapat mengontrol kendaraannya menggunakan gelang Microsoft Band 2 hanya melalui suara.

Liputan6.com, Los Angeles - Volvo mengumumkan kerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan teknologi baru di ajang Consumer Electronics Show (CES), sebuah pameran teknologi yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Melalui teknologi ini, konsumen Volvo dapat mengontrol mobilnya menggunakan gelang Microsoft Band 2 hanya menggunakan suara. Kontrol yang dimaksud termasuk mengaktifkan GPS, mengunci pintu, serta menyalakan lampu.

Dalam pengumuman ini, Volvo membandingkan sistem mereka dengna Kitt pada Knight Rider,  serial televisi Amerika Serikat (AS) yang tayang pada 1982 hingga 1986. Ya, itu memang fiksi, dan Volvo merealisasikannya ke dunia nyata.

Teknologi kerja sama ini akan tersedia pada musim semi 2016 (Maret hingga Juni). Tetapi, keduanya tidak merinci mobil mana yang akan ditanamkan fitur ini. Tidak diinformasikan juga akan dijual ke mana teknologi ini nantinya.

Ini bukan pertama kalinya Volvo bekerja sama dengan Microsoft. Tahun lalu, mereka menciptakan teknologi bernama HoloLens Microsoft. Dengan alat berupa kacamata ini, konsumen dapat `membedah` mobil Volvo dalam gambar hologram tiga dimensi.

Peggy Johnson, executive vice president of business development Microsoft, mengatakan kerjasama ini adalah cara yang tepat dalam memanfaatkan teknologi. "Bersama Volvo, kita baru mulai memahami potensi bahwa teknologi harus meningkatkan keselamatan pengemudi dan produktivitas," ujarnya.

Awal 2016 ditandai oleh beberapa pabrikan yang mengumumkan teknologi baru. Selain Volvo, Ford juga baru saja mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan teknologi yang memungkinkan pemiliknya mengontrol rumah dari dalam mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini