Sukses

Lewat Jalan Basah, Batasi Putaran Mesin

mobil yang digeber dengan putaran mesin terlalu agresif membuat roda kehilangan grip

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Mau tak mau, pengendara roda empat harus lebih hati-hati melintasi jalan dengan kondisi basah saat musim hujan.

Menghadapi jalan yang basah dan penuh genangan, pengemudi wajib menjaga putaran mesin. Hal ini diutarakan langsung oleh pereli nasional Rifat Sungkar di sela-sela acara New Outlander Sport dan Delica Driving Experience di Car Park Area, Horse Racing Circuit Pulomas, Jakarta Timur.

"Putaran mesin tidak boleh terlalu agresif. Sebab, mobil yang digeber dengan putaran mesin terlalu agresif efeknya tidak ada grip," jelas Rifat, Sabtu (14/11/2015).

Lebih lanjut, Rifat menekankan jika menjaga putaran mesin ini berlaku pada transmisi otomatis maupun manual. Pasangan Sissy Priscillia ini mengungkapkan jika tujuan menjaga putaran mesin ini agar laju mobil tidak ngebuang ke kiri dan kanan karena kehilangan grip.

"Jika biasa memacu mobil pada 5-6 ribu rpm saat musim panas, sebaiknya dikurangi sekitar 20 persen menjadi 4.500 rpm saat hujan. Jadi, berkendaraanya secara lateral saja antara kecepatan dan putaran mesin," tandasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini