Sukses

Touring di Terik Panas Matahari? Begini Saran Bikers Riau

Di wilayah Riau yang terkenal dengan suhu panas, para bikers punya tips khusus untuk kenyamanan berkendara.

Liputan6.com, Pekanbaru - Bukan rahasia jika Riau merupakan wilayah yang cukup panas kala siang hari. Wajar saja, provinsi kaya minyak yang bersebelahan dengan Sumatera Barat tersebut turut dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Berkendara, terutama di atas roda dua dan di bawah terpaan ganasnya sinar matahari jelas punya tantangan tersendiri. Kali ini, tips keselamatan datang langsung dari para punggawa roda dua asal Riau yang tergabung di dalam komunitas Honda Tiger Mailing List (HTML).

Wajar saja, sebagai warga Pekanbaru, mencicipi panasnya sinar matahari, debu hingga kabut asap pembakaran hutan kala berkendara di atas roda dua dapat dibilang telah menjadi pengalaman sehari-hari. 

Dikatakan oleh Christian (39), Ketua dari Honda Tiger Mailing List (HTML), komunitas penunggang roda dua Honda Tiger di Pekanbaru, ada beberapa tips khusus untuk membuat perjalanan di bawah terik matahari tetap menjadi nyaman. 

"Helm standar merupakan syarat utama. Jika berjalan jauh layaknya touring, maka helm full-face menjadi wajib. Sedangkan untuk jarak dekat, helm standar akan lebih nyaman kala digunakan bersama dengan masker yang sesuai standar," lanjut Chris.

Tak lupa, Chris turut menggarisbawahi kaca helm yang tepat untuk menambah kenyamanan berkendara. "Kaca hitam yang disesuaikan dengan teriknya matahari menjadi hal yang paling berpengaruh, karena membuat pengendara menjadi tak mudah lelah," lanjut Chris.

Lain-lain, Chris menyinggung pada perangkat lain yang seringkali luput jadi perhatian pengendara motor atau roda dua. 

"Pakailah sarung tangan dan alas kaki yang tertutup seperti sepatu. Sama dengan wajah dan kepala, jika bagian-bagian tubuh ini tak terlindungi, maka akan mengganggu konsentrasi mengemudikan motor," papar Chris.

Walau menggunakan berbagai perangkat keselamatan tersebut terbilang repot, namun Chris menegaskan bahwa hal tersebut sepadan dengan kenyamanan dan keamanan yang diperoleh. Tak lupa, Chris menyarankan meminum air mineral yang cukup guna menghindari dehidrasi

"Pakai helm dan aksesoris komplit mungkin memang repot di awal, maka banyak pengendara malas. Namun, kala sudah berjalan di atas motor, maka kenyamanan penuh yang akan didapat," tutup Chris. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini