Sukses

Lotus Exige Bekas Ini Dilego Rp 1,19 Miliar, Mengapa?

Mesin supercar ini telah 'disihir' agar mampu menghasilkan tenaga sebesar 550 horse power.

Liputan6.com, Sidney - Lotus merupakan salah satu produsen kenamaan Inggris yang memproduksi sportcar dengan jumlah terbatas dan desain yang unik. Seluruh supercar yang diproduksi oleh Lotus menjadi buruan para pecinta otomotif, bahkan hingga yang bekas sekalipun.

Colin Chapman, sang pendiri dari Lotus dalam menggarap sebuah supercar berpegang teguh pada prinsip 'sederhanakan dan kemudian buatlah menjadi ringan. Hal tersebut membuat supercar garapan Lotus mendapat tempat tersendiri di hati pecinta kecepatan, seperti dilansir dari Motorauthority, Senin (9/6/2014).

Saking diburunya, sebuah Lotus Exige keluaran tahun 2001 dalam kondisi bekas yang dijual di Australia seharga US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,19 miliar (kurs Rp 11.905 per dolar Amerika Serikat) ini menjadi buruan para kolektor mobil kencang. Padahal, harga yang dibanderol pada Exige ini bisa dibilang lumayan mahal untuk sebuah Lotus yang dijual bekas.

Namun, nampaknya calon pembeli yang memboyong Exige bekas ke garasi rumahnya tidak akan kecewa, sebab supercar ini telah 'disihir' agar mampu menghasilkan tenaga sebesar 550 horse power (HP) dari mesin yang hanya berkapasitas 2,2 liter. Sihir tersebut berasal dari turbocharger yang disematkan pada mesin lima silinder inline hasil garapan Audi tersebut.

Tak hanya mesin yang buas, supercar yang dibangun dari basis Lotus Elise ini bukan merupakan sebuah Exige standar. Sebab, pada bodi dari Lotus Exige ini juga telah dirombak total dengan memakai bahan serat karbon yang dikenal sangat ringan.

Pemakaian serat karbon pada Exige ini membuat bobotnya lebih ringan beberapa kilogram. Konsep modifikasi ini sesuai dengan falsafah dari Chapman sendiri yang menginginkan sebuah mobil yang sederhana dan ringan.

Bagi para kolektor mobil-mobil kencang, sudah saatnya Anda mempertimbangkan Lotus Exige ini sebagai koleksi terbaru supercar di garasi Anda. Semburan tenaga yang besar serta bobot yang ringan tentunya sebanding dengan harga yang dibanderol pada supercar tersebut. (Ysp/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.