Sukses

Termasuk Kepribadian INTP? Ketahui Lebih Dalam Karakter hingga Pilihan Karier Introvert Satu Ini

Salah satu tipe kepribadian ini adalah INTP, yang merupakan singkatan dari Introvert, Intuition, Thinking, dan Perceiving.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menggunakan Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI), tes kepribadian berdasarkan teori tipologi kepribadian Carl Jung, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku.

Tes ini membuat pengguna menjawab serangkaian pertanyaan tentang cara mereka dapat menanggapi situasi yang berbeda dan mengkategorikan setiap orang ke dalam salah satu dari 16 tipe kepribadian yang berbeda.

Salah satu tipe kepribadian ini adalah INTP, yang merupakan singkatan dari Introvert, Intuition, Thinking, dan Perceiving.

Apa Tipe Kepribadian INTP?

Tipe INTP adalah singkatan dari Introvert, Intuition, Thinking, dan Perceiving. “Preferensi ini—seperti yang terjadi pada semua kualitas Myers-Briggs—terjadi dalam sebuah kontinum dan bukannya diperbaiki,” kata psikolog klinis Carla Marie Manly seperti melansir Forbes Health, Kamis (10/8/2023).

Dengan kata lain, sementara tipe INTP memiliki preferensi untuk kualitas ini, itu bukan satu-satunya hal yang menentukannya. Dan sementara kualitas ini mungkin menggambarkan beberapa orang yang cocok dengan tipe INTP, mereka tidak berlaku untuk semua orang yang melakukannya.

"Introvert" mengartikan bahwa INTP menarik energi dari refleksi internal daripada rangsangan eksternal, jelas seorang psikolog holistik Easton Gaines. Intuisi adalah ciri khas lain dari tipe ini.

“INTP memiliki kemampuan luar biasa untuk melihat koneksi dan memahami konsep kompleks dengan mulus,” kata Gaines. “Pikiran mereka seperti jaringan luas yang saling terhubung, selalu mencari solusi dan wawasan inovatif.”

"T" adalah singkatan dari Thinking. Itu mengacu pada fakta bahwa INTP mungkin sangat logis, rasional, dan objektif dalam pendekatan mereka terhadap pengambilan keputusan, kata Gaines.

Adapun P untuk Perceiving itu berarti INTP mungkin fleksibel dan mudah beradaptasi. “INTP memiliki kecenderungan untuk mengeksplorasi berbagai perspektif secara bersamaan,” tutur Gaines. “Mereka menghargai otonomi dan dapat menolak struktur yang kaku, lebih memilih menjalani kehidupan secara spontan.”

Karakteristik Tipe Kepribadian INTP

INTP bersifat logis dan dikenal sebagai pemecah masalah yang bekerja keras dan menjaga lingkaran dekat. “INTP suka menghabiskan waktu sendirian dan bisa diam, tetapi ketika mereka perlu menjadi kreatif, mereka paling baik melakukannya dalam kelompok,” ungkap kepala pemikiran kepemimpinan di The Myers-Briggs Company John Hackston.

Satu hal yang diketahui tipe INTP adalah seberapa analitis dan bijaksananya mereka. “INTP memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan menghubungkan ide dengan cara yang inovatif,” kata Gaines.

“Mereka adalah ahli teori dan pemikir konseptual yang lahir alami, selalu berusaha untuk memahami prinsip dan pola dasar yang mengatur alam semesta.” Hal ini memungkinkan INTP menghasilkan solusi unik dan ide kreatif, yang merupakan salah satu alasan mengapa tipe ini terkadang disebut sebagai "arsitek".

Gaines juga mengatakan bahwa INTP mungkin juga sangat rasional serta fleksibel dan mudah beradaptasi. Kecenderungan untuk lebih berpikiran terbuka memungkinkan mereka untuk "mempertimbangkan perspektif alternatif dan menantang kebijaksanaan konvensional," tambahnya.

Menurut Hackston dan Manly, karakteristik tambahan termasuk mampu dengan mudah menjelaskan dan memecahkan masalah di bidang minat, serta didorong, pendiam, ingin tahu, dan santai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelemahan Tipe Kepribadian INTP

Seperti tipe kepribadian lainnya, menjadi seorang INTP juga memiliki beberapa kelemahan. Seperti yang ditunjukkan oleh Manly, sifat analitis mereka kadang-kadang dapat menyebabkan dirinya sendiri menjadi skeptis atau kritis, dan juga dapat membuat mereka "lebih terlibat dengan ide abstrak dan konsep teoretis daripada interaksi sosial".

Gaines juga setuju. Dia mengatakan bahwa INTP mungkin sering menganggap interaksi sosial dan ekspresi emosional sebagai tantangan. "Mereka cenderung memprioritaskan logika daripada emosi, seringkali mengandalkan fungsi berpikir mereka daripada fungsi perasaan mereka saat membuat keputusan," katanya, mencatat bahwa mereka tidak kekurangan empati atau kasih sayang, mereka pada dasarnya sangat analitis.

Menurut Gaines dan Manly, beberapa hambatan umum meliputi:

• Merasa kewalahan oleh banyak interaksi sosial

• Berjuang dengan mengekspresikan diri secara emosional

• Cenderung menganalisis berlebihan dan menunda-nunda

• Kesulitan dengan rutinitas atau pengulangan

• Kesulitan membentuk dan memelihara hubungan sosial

Karier untuk Tipe Kepribadian INTP

INTP bisa menikmati tantangan dan memberikan solusi untuk masalah sehingga membuat mereka lebih mungkin berkembang dalam karier yang memungkinkannya melakukan hal itu. “Mereka pandai melihat hal-hal yang tidak dapat dilihat orang lain, meringkas masalah, menemukan jawaban strategis, dan menciptakan solusi jangka panjang,” kata Hackston.

Pekerjaan apa pun yang mengharuskan seseorang untuk menggunakan logika, pemikiran analitis, dan refleksi akan cocok dengan seorang INTP, kata Gaines. Mereka senang bisa terus belajar sesuatu.

Satu hal yang INTP mungkin ingin hindari ketika mencari karier adalah pekerjaan yang mengharuskan mereka bekerja secara ekstensif dengan orang lain.

“Sebagai seorang introvert, INTP berhasil dalam karier di mana mereka memiliki cukup waktu sendirian dengan tingkat interaksi berkelanjutan sedang hingga rendah dengan kelompok sosial,” jelas Manly. Dia juga mencatat bahwa mereka harus menghindari sesuatu yang terlalu kaku, monoton, atau berulang, karena lebih menyukai kesempatan untuk refleksi diri dan pemikiran tingkat tinggi.

Menurut Hackston, Gaines dan Manly, salah satu dari pekerjaan di bawah ini akan menjadi pilihan yang sangat baik untuk seorang INTP:

• Apapun yang berhubungan dengan teknologi

• Angkutan

• Arsitektur

• Keuangan

• Insinyur (biomedis atau komputer)

• Hukum

• Obat

• Penelitian ilmiah

• Menulis dan filsafat

• Akademisi

 

3 dari 3 halaman

Berinteraksi Dengan Tipe Kepribadian INTP

Sebagai introvert, INTP mungkin menghargai waktu menyendiri mereka dan tidak cepat membiarkan orang masuk. Mereka mungkin lebih tertarik pada hubungan yang mendalam dan bermakna, entah hubungan itu bersifat platonis atau romantis.

Hubungan Romantis

INTP mungkin menghargai orang penting yang dapat mereka libatkan pada tingkat intelektual, catat Gaines. Karakteristik pasangan yang disukai mungkin termasuk berpikiran terbuka, ingin tahu, dan mampu terlibat dalam percakapan yang mendalam. Mereka mungkin juga menginginkan seseorang yang dapat memberi mereka waktu sendirian yang mereka butuhkan.

"Meskipun mereka mungkin tampak acuh tak acuh terhadap prospek romantis, mereka diam-diam mengamati dan mendokumentasikan tindakan dan perilaku orang yang mereka minati," kata Hackston. Mereka memilih untuk menunjukkan kasih sayang mereka dengan cara yang lebih halus.

“Penting untuk dicatat bahwa INTP kadang-kadang berjuang dengan keintiman emosional dan menavigasi ranah emosi yang dalam,” kata Dr. Gaines. “Mereka mungkin merasa kesulitan untuk mengungkapkan perasaan mereka sendiri atau memahami kebutuhan emosional pasangan mereka.”

Hubungan Keluarga

Meskipun mereka mungkin tidak selalu ramah, INTP tetap menghargai ikatan yang bermakna dan kuat dengan orang lain. “INTP berkembang dalam percakapan yang mendalam dan merangsang secara intelektual saat menjalin hubungan baru, mencari topik yang memicu diskusi yang menarik dan bahkan lucu,” kata Hackston.

Mereka lebih suka memiliki lingkaran pertemanan kecil yang erat daripada banyak pertemanan yang tidak terlalu intens.

Seperti yang dicatat oleh Manly, mereka juga spontan, fleksibel, menyenangkan, dan santai. “Ini bisa sulit bagi mereka yang lebih memilih pendekatan hidup yang lebih terorganisir dan terencana sebelumnya,” katanya.

INTP mungkin menghargai saat teman atau anggota keluarga memberi mereka ruang dan waktu untuk diri mereka sendiri. “Mereka mungkin mendekati dinamika keluarga dengan keinginan untuk otonomi dan kebebasan berpikir,” kata Gaines.

Karier

Meskipun INTP biasanya tidak sulit diajak bekerja sama, mereka mungkin juga tidak sengaja mencari pertemanan di tempat kerja. “INTP akan berinteraksi dengan baik dengan rekan kerja tetapi umumnya berada di sisi pendiam dan tidak rentan terhadap interaksi sosial tingkat tinggi,” kata Manly.

Mereka bisa menjadi rekan tim yang hebat, dan menurut Hackston, bisa menjadi pemimpin yang baik berkat "kapasitas untuk tetap fokus, meningkatkan sistem, dan menciptakan solusi, sambil tetap tertarik untuk mempelajari sudut pandang lain".

INTP mungkin penasaran, pemecah masalah analitis. Mereka menghargai hubungan yang bermakna dan percakapan yang merangsang secara intelektual, dan meskipun mereka mungkin bergumul dengan percakapan emosional atau menunjukkan kasih sayang mereka, mereka masih bisa menjadi pasangan dan teman romantis yang hebat.

Berkat sifat logisnya, INTP berkembang pesat dalam karier di mana mereka dapat melakukan banyak pemikiran dan pembelajaran. Introvert sejati, mereka juga suka memiliki waktu untuk diri mereka sendiri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.