Sukses

Cara Obati Sakit Telinga dengan Pengobatan Rumahan

Liputan6.com, Jakarta Sakit telinga bukanlah sesuatu yang sangat umum tetapi ketika itu terjadi, itu bisa sangat merepotkan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan dalam mengunyah, menelan, tidur dan aktivitas sehari-hari sederhana lainnya.

Sakit telinga juga bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur yang terperangkap di bagian tengah telinga luar. Beberapa penyebab lain dari infeksi telinga termasuk air, tekanan, reaksi alergi dan infeksi kulit.

Jika Anda menderita sakit telinga juga dan tidak ingin terburu-buru ke dokter karena di luar masih bahaya pandemi, berikut ini lima pengobatan rumahan yang mudah dan aman yang bisa Anda coba, dilansir dari Timesofindia.

1. Bawang putih

Sifat anti bakteri pada bawang putih dapat membantu mengobati infeksi. Tapi itu bukan pengganti antibiotik, sehingga hanya bisa memberikan pertolongan awal. Anda bisa mengunyah umbi bawang putih mentah. Jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda bisa menyiapkan minyak bawang putih dengan memasukkan bawang putih ke dalam minyak mustard dan memanaskannya sampai bawang putih berwarna cokelat. Saring minyaknya dan taruh 1-2 tetes di telinga Anda.

2. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa menjadi obat yang baik untuk meredakan sakit telinga. Anda bisa mencoba mengoleskan jus jahe di sekitar liang telinga luar. Anda juga bisa menyiapkan minyak jahe dengan memanaskan minyak mustard dan menambahkan jahe parut ke dalamnya. Saring campurannya dan oleskan pada saluran luar. Jangan memasukkan minyak ke dalam telinga.

3. Kompresi hangat / dingin

Kompresi dingin dapat dilakukan dengan menggunakan kompres es atau kain lembab. Ambil kompres es atau bantalan panas dan letakkan di telinga yang sakit selama 10 menit.

 

2 dari 3 halaman

4. Cuka sari apel

Dengan takaran yang sama dari cuka sari apel dan air, teteskan beberapa kali di telinga yang bermasalah, lalu tutup dengan bola kapas. Cuka sari apel bekerja dengan baik untuk mengurangi peradangan dan memiliki sifat antibakteri.

Catatan: Saran di artikel ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti nasihat dokter. Silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialtis THT untuk perawatan lebih baik.

5. Minyak zaitun

Hangatkan sedikit minyak zaitun dan tuangkan dua-tiga tetes ke telinga Anda. Ini dapat membantu meredakan nyeri. Minyak tidak boleh terlalu panas karena bisa merusak gendang telinga. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini pada anak-anak.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: