Sukses

Artika Sari, Putri Indonesia 2004

Liputan6.com, Jakarta: Artika Sari dari Provinsi Bangka Belitung terpilih sebagai Putri Indonesia 2004 di Malam Penobatan Putri Indonesia di Gedung Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8) malam. Artika menyisihkan 1.044 peserta dari 31 provinsi, dan menjadi peserta terbaik dari 35 finalis.

Gelar Putri Favorit diberikan pada Andiana Agustin dari Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Peserta dari Provinsi Banten bernama Nada Mulia menyabet predikat Putri Pariwisata. Sedangkan Nur Indah Aviana asal Jawa Tengah dinobatkan sebagai Putri Berbakat.

Sebelumnya, ke-36 finalis menjalani karantina selama 10 hari di Jakarta. Selama itu, mereka mendapat bimbingan dari dewan juri yang menekankan pada penilaian 3-B yaitu brain (kecerdasan), beauty (kecantikan), dan behavior (sikap). Pada sesi final, para finalis harus menjawab pertanyaan yang beragam, mulai dari politik, sosial, ekonomi, kecantikan, hingga asmara. Peserta menjawab pertanyaan dalam waktu yang ditentukan.

Ajang Putri Indonesia adalah acara tahunan. Pada pemilihan tahun silam, tampil sebagai juara adalah Dian Krishna dari Provinsi DKI Jakarta [baca: Dian Krishna Putri Indonesia 2003]. Lulusan pascasarjana ilmu komunikasi dari sebuah universitas di Australia ini harus bersaing dengan 33 finalis dari 30 provinsi sebelum akhirnya dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2003.(OZI/Dwie Guntoro)