Sukses

[VIDEO] Hujan Abu Kelud, Stupa Candi Borobudur Ditutup Mantel

Letusan Gunung Kelud juga berdampak terhadap lokasi wisata. Sejumlah candi termasuk Candi Borobudur ditutup. Kawasan Malioboro juga lumpuh.

Satu per satu stupa Candi Borobudur ditutup dengan mantel khusus. Setidaknya ada 72 stupa teras, 1 stupa induk dan seluruh lantai candi ditutup rapat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/2/2014), penutupan ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan bebatuan andersit dan drainase Candi Borobudur dari keasaman abu vulkanik yang juga pernah terjadi saat erupsi Gunung Merapi 2010 lalu.

Candi peninggalan Wangsa Syailendra itu kini dalam kondisi siaga bencana pasca letusan Kelud. Selain Candi Borobudur, sejumlah candi lain juga ditutup. Seperti Candi Prambanan, Candi Mendut dan Candi Pawon.

Selain itu, kawasan wisata Malioboro di Yogyakarta juga terkena dampak letusan Gunung Kelud. Sejak pagi, Jalan Malioboro memutih bagaikan tertutup salju.

Jalan yang biasa dipenuhi para wisatawan itu sepi. Tak terlihat aktivitas jual-beli yang biasanya ramai di jalan yang menjadi favorit para wisatawan itu. Kawasan Tugu Yogyakarta juga memutih. Debu tebal memaksa pengendara berhati-hati melintasi jalan. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Candi Borobudur dan Prambanan Ditutup Akibat Abu Gunung Kelud
Kelud Meletus, Sultan Imbau Warga Yogya Pakai Masker
Letusan Kelud: Bahaya yang Mengintai dari `Ring of Fire`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini