Sukses

[VIDEO] Festival Durian Menoreh dan Madu, 2 Ribu Buah Diburu

Enaknya durian menoreh dan durian madu ini. Para penikmat dari berbagai kawasan pun datang ke festival ini.

Setelah setahun menunggu, akhirnya para penggemar durian dapat mengobati kerinduan mereka untuk menikmati buah durian menoreh dan durian madu yang terkenal dari Kulonprogo, Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (10/2/2014), sejak pagi hari Dusun Duwet, Desa Banjarharjo Kulonprogo dipadati oleh para penikmat durian. Para pengunjung melakukan perburuan durian yang disediakan dalam festival 1.000 durian ini.

Hanya dua varian yang disediakan, yaitu durian Menoreh montong dan durian madu. Hanya dalam waktu 2 jam, hampir seluruh persediaan durian habis. Bagi yang sudah mendapatkan bisa langsung menikmatinya.

"Saya sengaja datang ke festival durian ini, karena ingin menikmati durian menoreh yang terkenal," ujar salah satu penggemar durian dari Pleret Bantul, Heni Agustriana.

Awalnya, panitia hanya menyediakan 1.000 buah, ternyata masih kurang sehingga panitia perlu menambah 1.000 biji lagi. Sebab durian-durian itu langsung diborong para penggemar durian.

Harga buah durian bervariasi antara Rp 30-170 ribu tergantung ukuran dan kualitasnya.

"Festival ini bisa meningkatkan pendapatan para petani, dengan mengangkat potensi durian lokal," jelas salah satu panitia Festival Durian, Suwandi.

Durian asli Kalibawang memiliki khas daging tebal, biji tipis, paduan rasa manis dan pahit sehingga tak kalah dengan durian impor. (Dan/Tnt)

Baca juga:

10 Buah Termahal di Dunia (2)
Durian, Buah Terbau Dunia Masuk Inggris untuk Pertama Kalinya
[VIDEO] Menu Peranakan Indo-China Khas Imlek Ini Lezat...


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini