Sukses

DPRD Kecam Penyebaran Foto Singa `Gantung Diri` KBS

Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi sorotan lantaran kondisi sebagian besar hewan koleksinya yang mengenaskan.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi sorotan lantaran kondisi sebagian besar hewan koleksinya yang mengenaskan dan membuat miris. Bahkan media internasional menyebut KBS sebagai yang terkejam di dunia.

Apalagi setelah kematian Michael, singa jantan yang ditemukan `gantung diri` di tali timah pada 7 Januari lalu. Namun menurut cerita tentang 'kebuasan' KBS ada sudut pandang lain di mata Ketua DPRD Surabaya, Mochamad Machmud.

"Kami tidak akan terima jika KBS dikelola selain Pemkot sebagai pemilik aset KBS," ujar Machmud di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/1/2014).

Maka itu Machmud menilai, penyebaran foto Michael lewat dunia maya dan media internasional, semakin mengindikasikan adanya yang 'bermain' dalam persoalan KBS. Karena bisa jadi, kata dia, Kementerian Kehutanan membatalkan izin lembaga konservasi kepada Pemerintah Kota Surabaya.

Machmud menjelaskan, selain menyebarkan gambar Michael yang tergantung, kondisi satwa lainnya di KBS juga tersebar di media internasional. Cara ini bisa memberikan kesan jika Pemkot Surabaya tak mampu mengelola KBS dengan baik.

Sementara itu, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, kasus kematian Michael masih terus didalami oleh kepolisian, Kementerian Kehutanan, dan Perusahaan Daerah Taman Satwa KBS.

"Kami ingin persoalan di KBS bisa selesai dengan segera. Jika ada yang bersalah, silakan diproses sesuai aturan  hukum," pungkas Risma. (Ndy/Ism)

Lihat juga:
[VIDEO] Singa Kebun Binatang Surabaya Mati Mengenaskan
[VIDEO] Lagi, Koleksi Binatang di Kebun Binatang Surabaya Mati
[VIDEO] Lihat! Ngototnya Komodo Memangsa Kambing

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.