Sukses

KNKT Klaim Kecelakaan Seluruh Moda Transportasi Menurun dari 2007

KNKT mencatat tren kecelakaan di berbagai moda transportasi mengalami penurunan sejak tahun 2007 hingga 2013 ini.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencatat tren kecelakaan di berbagai moda transportasi dari tahun 2007 hingga 2013 mengalami penurunan setiap tahunnya. Karena, setiap tahunnya sudah ada perbaikan dalam sistem transportasi nasional.  

"Hasil perhitungan KNKT, rate of accident menunjukkan angka penurunan dalam 7 tahun terakhir. Sudah ada perbaikan menjadi lebih baik meski kecelakaan masih terjadi," kata Ketua KNKT Marsma TNI (Purn) Tatang Kurniadi di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2013).

Tatang menuturkan, dalam rentang waktu dari tahun 2007 hingga per 27 Desember 2013, KNKT telah melakukan investigasi kecelakaan sebanyak 299 kali. Sementara pada tahun 2013 sendiri KNKT telah melakukan 41 investigasi kecelakaan.

"Perkeretaapian sebanyak 2 kecelakaan, pelayaran 5 kecelakaan, lalin dan angkutan jalan raya 7 kecelakaan dan penerbangan 27 kecelakaan," paparnya.

Tatang menjelaskan, selain menurunnya Rate Of Accident atau tingkat kecelakaan, KNKT juga mencatat Rata-rata prestasi dan dinamika produksi transport semua moda tranportasi mengalami kenaikan.

"Dengan peningkatan itu, KNKT harus lebih produktif memberikan rekomendasi mengenai potensi terjadinya kecelakaan dan proaktif melakukan tindakan preventif," tandas Tatang. (Adm/Ism)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.