Sukses

Demo Ricuh, Ratusan Mahasiswa Memaksa Masuk Gedung DPR RI

Ratusan mahasiswa memadati pintu masuk Pancasila DPR RI. Mereka datang dengan mengendarai puluhan sepeda motor lengkap dengan mobil komando yang ada di lokasi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan mahasiswa tiba-tiba menggeruduk gedung DPR RI pada sore hari ini, Jumat (17/5/2024). Aksi mahasiswa yang ingin memaksa masuk gedung parlemen terekam dan viral di media sosial.

Dalam rekaman amatir terlihat ratusan mahasiswa memadati pintu masuk Pancasila DPR RI. Mereka datang dengan mengendarai puluhan sepeda motor lengkap dengan mobil komando yang ada di lokasi.

Terlihat beberapa di antaranya juga ada yang membawa atribut unjuk rasa seperti bendera ataupun spanduk.

Ratusan mahasiswa itu memaksa masuk ke dalam gedung DPR RI. Namun aksi mereka tertahan oleh pihak kemanan dalam (Pamdal) dan aparat kepolisian.

Aksi tersebut diwarnai kericuhan hingga membuat massa melempar sebuah cone ke arah petugas yang berjaga.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro membenarkan adanya aksi unjuk rasa dadakan mahasiswa tersebut. Ratusan mahasiswa itu sempat ricuh.

"Memaksa masuk lewat pintu belakang petugas sudah memberikan ruang menyampaikan aspirasi di depan DPR," kata Susatyo saat dikonfirmasi, Jumat (17/5/2024).

Susatyo menyebut saat ini kondisi pintu belakang DPR RI sudah kondusif setelah massa diarahkan ke bagian depan gedung untuk aksi unjuk rasa. Hingga saat ini kata dia aksi demo mahasiswa masih berlangsung.

"Situasi kondusif, massa masih orasi-orasi," jelas dia.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini