Sukses

[VIDEO] 10 Hari Disosialisasi, Jumlah Penyerobot Busway Menurun

Meski masih ada pengendara yang menerobos, namun jumlahnya tidak sebanyak pada hari sebelumnya.

Memasuki hari ke sepuluh sosialisasi sterilisasi busway, jumlah penerobos jalur transjakarta mulai menurun. Meski masih ada pengendara yang menerobos, namun jumlahnya tidak sebanyak pada hari sebelumnya.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (9/11/2013) pengendara mobil dan motor tampak masih nekat menerobos jalur transjakarta di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Padahal polisi sudah terus mensosialisasikan larangan lewat busway.

Pelanggarnya akan dikenai denda maksimal Rp 1 juta untuk mobil dan Rp 500 ribu untuk motor. Beberapa pengendara motor kabur saat diminta berhenti.

Pengendara yang tetap nekat masuk ke jalur transjakarta itu akhirnya ditilang polisi lalu lintas Polda Metro Jaya. Kebanyakan pengedara yang ditilang mengatakan belum mengetahui aturan baru yang akan diterapkan bagi penerobos busway.

Polisi mengatakan sosialisasi yang sudah diterapkan selama 10 hari ini menunjukkan penurunan jumlah pelanggar. Jumlah terus turun mencapai 74 persen dibanding sehari sebelumnya.

Sterilisasi jalur transjakarta dilakukan sebagai bentuk sosialisasi menjelang penerapan sanksi denda Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta bagi pengendara yang masuk ke jalur Transjakarta. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Busway