Sukses

[VIDEO] Cacing Hati Sapi Kurban Ditemukan di Jawa Timur

Petugas Dinas Peternakan di sejumlah daerah, menemukan cacing, pada hati sapi kurban yang disembelih.

Petugas Dinas Peternakan di sejumlah daerah, menemukan cacing pada hati pada sapi kurban yang disembelih. Bila dikonsumsi, hati atau daging yang mengandung cacing, berbahaya untuk kesehatan dan harus dimusnahkan.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (15/10/2013), di Situbondo Jawa Timur, petugas Dinas Peternakan menemukan cacing pada hati sejumlah hewan kurban. Kondisinya rusak sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

Dibutuhkan ketelitian dari panitia kurban agar kualitas daging kurban yang diterima masyarakat masih layak dikonsumsi. Petugas Dinas Peternakan kota Kediri, Jawa Timur menemukan cacing pada hati sapi saat membelahnya. Selanjutnya, hati bercacing ini harus dimusnahkan.

Ditemukannya hati sapi yang mengandung cacing di sejumlah tempat pemotongan hewan, membuat petugas Dinas Peternakan mengingatkan para panitia kurban untuk memisahkan hati yang rusak dengan daging yang akan dibagikan.

Jadi berhati-hatilah anda saat menerima daging kurban. Periksa kembali kondisi daging sebelum mengolahnya. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini