Sukses

69 Penumpang Kapal Imigran Tenggelam Ditemukan, 41 Tewas

Sebanyak 69 orang imigran para pencari suaka ke Australia yang kapalnya tenggelam di perairan Cianjur, Jawa Barat ditemukan.

Sebanyak 69 orang imigran gelap para pencari suaka ke Australia yang kapalnya tenggelam di perairan Cianjur, Jawa Barat beberapa hari lalu ditemukan. Polri mencatat, korban tewas yang berhasil ditemukan Tim SAR gabungan Polisi, TNI, BPBD, Basarnas dan warga mencapai 41 orang, dan 28 lainnya selamat.

"Penyelamatan terhadap korban tenggelamnya kapal atau perahu yang ditumpangi oleh beberapa orang yang diduga imigran gelap asal Irak maupun Lebanon, masih terus kita lakukan sampai dengan hari ini dan kemarin jam 17.30 WIB sudah ditemukan 69 orang, 28 hidup, 41 meninggal dunia," kata Kabagpenum Kombes Pol Agus Rianto, di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Dari korban yang tewas ada beberapa anak, baik pria maupun wanita. Untuk korban laki-laki sebanyak 22 orang, 3 di antaranya anak-anak, sedangkan untuk perempuan sebanyak 19 orang, 5 di antaranya anak-anak. Saat ini polisi tengah melakukan identifikasi post mortem di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Sementara untuk yang masih hidup sudah kita serahkan ke pihak Imigrasi Sukabumi dan empat lainnya di RSUD Cianjur," ujar dia.

Agus menjelaskan, upaya Polri dalam melakukan pencarian pada Senin 30 September kemarin sempat terhentikan. Pasalnya gelombang saat itu cukup tinggi mencapai enam meter dan pagi ini sudah dilanjutkan kembali. Sementara pihaknya belum memberikan batas waktu untuk menghentikan pencarian.

"Untuk itu pihak Polri dalam hal ini baik dari direktorat Polisi perairan maupun Polres juga dibantu sepenuhnya oleh instansi terkait dan termasuk masyarakat untuk melakukan pencarian sampai dengan waktu yang belum ditentukan," ucap Agus.

Kendati demikian Polisi masih kesulitan jumlah penumpang keseluruhannya yang berada di kapal tersebut, bahkan dari korban yang selamat pun, tidak mengetahui berapa jumlah orang di kapal itu. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.