Sukses

Antara Ahok, Dangdut, dan Rhoma Irama

Siapa sangka Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang watak serta gaya bicaranya terkenal keras adalah penggemar setia musik dangdut. Pria yang karib disapa Ahok itu bahkan sempat 'menggoyang' Monas, Jakarta Pusat, tempat berlangsungnya Lebaran Betawi. Dengan fasih dia melagukan bait-bait Terajana milik Raja Dangdut Rhoma Irama.

Sejak kecil Ahok sudah akrab dengan musik dangdut. Bahkan setiap kali momen 17 Agustusan, saat menjabat sebagai Bupati Belitung Timur, dia selalu menyuguhkan hiburan dangdut untuk warganya. Walaupun begitu, dia lebih sering berjoget daripada ikut sumbang suara.

"Dari kecil, sekolah sampai SMA pas pulang ke Belitung pasti dangdutan. Aku enggak nyanyi dulu, tapi goyang aja. Didaulat nyanyi, ya nyanyi. Saya ini deaf tone (pekak nada). Saya enggak bisa dengerin nada dengan bener," kenang Ahok sembari tertawa di Balaikota, Jakarta, Selasa (2/9/2013).

"Kadang-kadang saya nyanyi, nada ke mana, saya nyanyi ke mana. Versi saya sendiri nadanya. Hahaha," ujarnya.

Lantas siapa penyanyi dangdut favorit Ahok? "Dulu Rhoma Irama, sekarang enggak lagi deh. Hahaha.. Tapi lagunya masih lagu Rhoma Irama. Enggak, enggak gara-gara pilkada. Saya pikir udah lewat masa beliau," jawab pria berkacamata itu.

Suami Veronica Tan itu mengaku menyukai semua jenis lagu dangdut. Namun yang bertempo cepat menjadi favoritnya. Salah satunya, yakni Kopi Dangdut yang dipopulerkan almarhum Meggy Z. Selain itu, Ahok juga menyukai lagu-lagu pop seperti milik Iwan Fals.

"Pokoknya yang goyang-goyang lah, kaya Kopi Dangdut. Macam-macam lagu mah, asal enak," tuturnya.

"Iwan Fals aku juga suka. Yang judulnya 'Ibu' itu. Lagu Iwan Fals itu susah nyanyinya tapi aku suka liriknya" pungkas Ahok. Tanpa aba-aba, kemudian dia bersenandung. "Ribuan kilo jalan yang kau tempuh... Hahaha." (Ndy/Ism)