Sukses

SBY dan Jokowi Dengarkan Laporan Badan Amil Zakat

Laporan ini terkait pengelolaan zakat nasional yang terintergrasi melalui sistem pengelolaan berbasis internet.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri laporan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Laporan ini terkait pengelolaan zakat nasional yang terintegrasi melalui sistem pengelolaan berbasis internet yaitu sistem managemen informasi Baznas (SimBA).

Presiden SBY mendatangi kantor Baznas di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2013), usai meninjau pemudik di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungannya itu, SBY, Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia bersatu mendengarkan paparan laporan pembagian zakat dari pengurus Baznas Pusat yang disampaikan oleh Ketua Baznas Pusat, Didin Hafidudin.

Para menteri yang hadir antara lain Menteri Agama Suryadharma Ali, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto dan Menko Kesra Agung Laksono.

Selain itu, SBY dan para jajarannya itu juga mendengarkan laporan dari para pengurus Baznas dari 4 provinsi melalui video teleconference. 4 Provinsi itu yakni dari yaitu Baznas Kabupaten Berau Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sumatera Selatan.

Sementara itu, Corporate Secretary Baznas Hermin R Rachim mengatakan, untuk perolehan zakat pada 2013, penghimpunan zakat nasional diperkirakan akan mencapai Rp 3 triliun. Jumlah ini meningkat 26% dari tahun lalu sebesar Rp 2,2 triliun. "Jumlah tersebut lebih besar dari tahun lalu yaitu sebesar 1,7 Triliun rupiah," kata Hermin.

SBY telah membayar zakat, baik itu zakat mal dan zakat fitrah, sebesar Rp 24 juta pada 24 Juli lalu. "Sedangkan Pak Jokowi telah membayarkan zakatnya di Baznas DKI pada minggu ketiga puasa," kata dia. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Badan Amil Zakat atau disingkat menjadi Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

    Baznas

  • SBY

  • zakat