Sukses

Konvensi Demokrat, Syarief Hasan: Kami Tak Dukung Tokoh Internal

"Tidak ada yang didorong, semuanya rakyat yang menentukan," tegas Syarief.

Partai Demokrat akan menggelar konvensi untuk menentukan siapa capres yang akan maju dalam Pilpres 2014. Beredar kabar, adik ipar Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Pramono Edhie Wibowo yang juga anggota dewan pembina partai tersebut, akan menjadi kandidat kuat yang didukung penuh partai.

Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan membantah hal tersebut. Menurut dia, Demokrat tak mendukung atau mendorong tokoh tertentu dari internal partai untuk maju, karena yang menentukan pemenang konvensi adalah rakyat.

"Tidak ada yang didorong, semuanya rakyat yang menentukan," tegas Syarief di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Dia menjelaskan, apabila nanti yang terpilih calon internal Demokrat, seperti Pramono Edhie, misalnya, itu memang karena kehendak rakyat. Bukan atas intervensi internal Demokrat.

"Yang menentukan rakyat. Kalau dalam polling nanti rakyat memilih Pramono, itu karena memang dikehendaki (rakyat)," tegas suami Ingrid Kansil itu.

Terkait dengan akan diumumkannya anggota komite konvensi, Syarief membenarkan ada penambahan jumlah anggota komite yang awalnya digagas hanya 7 orang.

"Ada sekitar 15 orang anggota komite konvensi. Ini juga masih dibahas. Nambah memang, biar lebih bagus," ujarnya.

Namun Syarief masih enggan memberitahu nama-nama anggota komite konvensi, baik dari kalangan internal Demokrat maupun anggota yang diambil dari eksternal partai.

"Yang jelas, dari kalangan eksternal itu ada pengamat dan akademisi," tutup Syarief. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini