Sukses

6 Tewas Akibat Kereta Api di Perancis Anjlok Terguling

Presiden Perancis Hollande memerintahkan 3 penyelidikan, penyelidikan peradilan, internal dalam SNCF dan Kementerian Transportasi

Sebanyak 6 penumpang tewas dan 22 orang lainnya terluka akibat musibah kereta antarkota anjlok dengan kecepatan tinggi di bagian selatan Paris, Bretigny-sur-Orge, Perancis. Pengumuman itu merevisi jumlah korban tewas yang sebelumnya dilaporkan 7 orang tewas.

Demikian diungkapkan Presiden Prancis Francois Hollande yang dikutip Liputan6.com dari situs CNN, Sabtu (13/7/2013).

Hollande yang tiba di lokasi kejadian menyaksikan operasi penyelamatan yang sedang dilakukan ratusan tim penyelamat. Ia mengatakan sebelumnya dia juga menggunakan kereta api serupa pada rute sebelumnya. Karena itu ia memerintahkan dilakukan tiga penyelidikan

"Kecelakaan akan diselidiki sebanyak 3 penyelidikan, penyelidikan peradilan, penyelidikan internal dalam SNCF dan penyelidikan yang ditangani Kementerian Transportasi Perancis," kata Hollande.

Penyebab Anjloknya Kereta Api Belum Diketahui

Sementara itu, Presiden Perusahaan Nasional Kereta Api Perancis (SNCF), Guillaume Pepy mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab tergelincirnya kereta yang meninggalkan stasiun Austerlitz Paris Jumat 12 Juli 2013 sekitar pukul 17.15 itu. Kereta api tersebut mengangkut penumpang sebanyak 370 orang.

"Kereta api berpenumpang sekitar 370 orang yang melewati Stasiun Bretigny-sur-Orge itu tidak memiliki jadwal berhenti di sana. Kereta menuju kota Limoges," kata Pepy.

Sebuah foto yang ditayangkan stasiun televisi Perancis BFMTV menunjukkan bagian kereta yang terguling di platform stasiun.

"Empat gerbong terakhir ke luar lintasan, satu terguling di jalur kereta," imbuh Pepy.

Ia menambahkan petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi kejadian akan melakukan operasi penyelamatan sampai malam. Sejumlah penyelidik juga mulai melakukan investigasi.

"Pertama yang kita pikirkan adalah solidaritas bagi para korban dan keluarga mereka. Dan kita merasakan kesedihan yang teramat sangat atas kecelakaan kereta api yang membuat seluruh masyarakat sedih," imbuh Pepy. (CNN/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.