Sukses

Cuaca Besok Selasa 14 Mei 2024: Hujan Guyur Jabodetabek di Siang Hari

Pagi hari di Jakarta besok, Selasa 14 Mei 2024 diprakirakan hampir keseluruhannya turun hujan dengan intensitas ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan. Begitulah prediksi cuaca besok.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari di Jakarta besok, Selasa, 14 Mei 2024, diprakirakan hampir keseluruhannya turun hujan dengan intensitas ringan, kecuali Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur berawan. Begitulah prediksi cuaca besok.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca siang hari di Jakarta juga diprakirakan tetap bakal hujan berintensitas ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan sedang.

Untuk langit malam Jakarta diprediksi BMKG sebagiannya bakal berawan dan cerah berawan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada siang hari," papar BMKG.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat pada pagi hingga siang diprakirakan hujan ringan dan malam hari cerah berawan. Lalu, di Depok, Jawa Barat, langit pagi dan malam diprediksi cerah berawan, namun waspada hujan petir di siang hari.

Kemudian di Kota Bogor, Jawa Barat, diprakirakan cuaca paginya cerah berawan, siang hujan berintensitas ringan, dan malam hari berawan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi relatif singkat pada rentang waktu antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Ciamis," jelas BMKG.

Sementara itu, di Kota Tangerang, Banten langit pagi dan malam diprediksi berawan, serta siang hari hujan dengan intensitas ringan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Bekasi   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Tangerang  Berawan  Hujan Petir  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

14 Daerah Ini Berstatus Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

Sebelumnya, sebanyak 14 wilayah di Indonesia berstatus waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ke-14 daerah itu meliputi, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat menibulkan bencana di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan dipicu akibat adanya intervensi bibit siklon tropis.

Menurut dia, tiga bibit siklon tropis yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P terlihat berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Berdasarkan analisis meteorologi diketahui bahwa Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56-65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon tropis pada kategori sedang-tinggi.

3 dari 4 halaman

Bibit Siklon Tropis dan Potensi Hujan Petir

Selanjutnya, seperti dikutip dari Antara, bibit Siklon Tropis 94S memiliki kecepatan angin maksimum 15-20 knots (28-37 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 999.9 hPa, pergerakan ke arah timur-tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis.

Begitu pula, Bibit Siklon Tropis 93P memiliki kecepatan angin maksimum 20-25 knots (37-46 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 1003 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis.

BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Jambi, Bengkulu, Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, dan Manado, pada pagi-siang hari.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar cerah berawan hingga hujan ringan pada pagi hingga dini hari, dengan kelembapan 75-95 persen pada malam hari, dan bersuhu 24-31 derajat celcius.

4 dari 4 halaman

Waspada Gelombang Tinggi

Selain itu pula, BMKG juga memprediksi pada 11 Mei-12 Mei 2024, sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi.

Hal tersebut didapatkan berdasarkan laporan peringatan dini gelombang tinggi yang diekspos pada laman media sosial Instagram @infobmkg.

Dalam laporannya, gelombang angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angina berkisar 4-15 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 6-22 knot.

Fenomena percepatan angin dan belokannya itu meningkatkan potensi gelombang laut tinggi pada diameter Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Arafuru bagian barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.