Sukses

PDIP: Kita Perlu Menghitung Kekuatan Parpol Lain Sebelum Gulirkan Hak Angket

Basarah mengaku, wacana hak angket tidak melempem dan terus dimatangkan PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah menyatakan pihaknya masih melakukan pendalaman terkait wacana pengguliran hak angket terkait dugaan kecurangan Pilpres 2024 di DPR

Basarah menyebutkan, PDIP tidak bisa maju sendirian melainkan harus melakukan penghitungan dengan fraksi lain di Senayan. 

“Kita akan terus melakukan pendalaman, terkait hak angket. Bahwa proses politik di DPR menyangkut penggunaan hak angket ketika masuk pada wilayah pengambilan keputusan politik, maka yang akan berlaku adalah penghitungan jumlah suara fraksi yang mendukung hak angket,” beber Basarah pada wartawan, dikutip Selasa (23/4/2024).

Basarah mengaku, wacana hak angket tidak melempem dan terus dimatangkan PDIP. “Ide gagasan untuk kemudian mematangkan hak angket itu terus kami lakukan di DPP PDI perjuangan,” kata dia.

Tapi sebelum resmi menggulirkan hak angket, Basarah mengungkapkan pihaknya perlu menghitung kekuatan parpol lain terlebih dahulu.

“Tapi untuk melangkah, tentu kita harus menghitung bagaimana kekuatan partai politik yang lain menyikapi soal hak angket ini. Mari kita tunggu perkembangannya dalam beberapa waktu ke depan ini,” pungkasnya.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sebelumnya bicara soal wacana hak angket yang digulirkan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurut Surya Paloh, hak angket kini sudah tidak relevan lagi.

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. MK menolak seluruh gugatan yang diajukan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Progres perjalanan waktu sejujurnya, membuat hak angket sudah tidak up to date lagi untuk kondisional hari ini. Itu menurut NasDem," kata Surya Paloh kepada wartawan di NasDem Tower, Senin (22/4/2024) sore.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasdem Menyimak Perjalanan Hak Angket

Surya Paloh mengatakan, Partai Nasdem terus menyimak perjalanan wacana hak angket yang sudah lama digulirkan sejumlah pihak. Dia menilai, tujuannya kini sudah jauh dari harapan bersama.

"Dan suatu proses perjalanan minute by minute, jam by jam, waktu ke waktu, hari per hari, esensi daripada keberadaan hak angket sudah jauh dari harapan kita bersama," ucap dia.

Kendati begitu, Surya Paloh mengatakan bahwa Partai NasDem tak ingin menghalangi proses yang kini sedang berjalan. Namun, dia menilai kondisi kurang tepat untuk digulirkan dalam waktu sekarang ini.

"Tapi bukan berarti kita menghalangi upaya untuk meneruskan, barangkali perjuangan. Nasdem menyatakan time frame-nya tidak tepat di saat sekarang ini," katanya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini